1. Startup

Multiply Manjakan User Indonesia

Multiply, salah satu social networking yang cukup populer di Indonesia, secara resmi meluncurkan fasilitas yang akan memudahkan penjual dan pembeli untuk melakukan interaksi dalam proses jual beli mereka. Sebenarnya fasilitas jual beli dengan menggunakan Multiply sudah sangat tidak asing bagi user internet di Indonesia, banyak sekali para penjual yang menggunakan fasilitas Multiply untuk mempromosikan barang dan jasa mereka.

Dengan UI serta desain yang memang cukup lengkap, Multilply memang cukup cocok sebagai sarana berbisnis alih-alih meendirikan situs sendiri para pebisnis menggunakan Multiply, ada beberapa alasan yang saya lihat, kenapa banyak pebisnis yang menggunakan Multiply, setidaknya ada dua yang paling utama, mudah dan gratis, serta popularitasnya di kalangan user internet Indonesia. Data dari Alexa (14 Januari, 24.09 WIB) memperlihatkan bahwa Indonesia menempati pengguna terbanyak aplikasi ini, sebesar 25,6%.

Sebagai salah satu pengguna Multiply, saya masih ingat dulu, Multiply digunakan bagi mereka yang suka musik, karena fasilitas search lagu dan download, tapi fasilitas kontroversial ini sudah lama dihilangkan, meski masih banyak user penyuka musik yang menggunakan fasilitas ini, popularitasnya bisa jadi masih kalah dengan MySpace dan Last.fm. Kelangkapan fungsi-fungsi yang ada juga sangat menarik, setidaknya bagi user Indonesia khususnya bagi para penjual online Indonesia yang senang dengan kemudahan, di Multiply, anda bisa mengupload dari video sampai blog, semuanya tersedia dalam satu halaman muka, dan bisa diatur sedemikian rupa.

Fasilitas baru untuk para online sellers ini bernama Multiply Marketplace, fungsi ini secara sederhana bisa digambarkan sebagai ruang khusus atau directory yang akan menampilkan kategori-kategori dari virtual stores yang dikelola oleh para seller di Indonesia.

Cara menggunakannya cukup mudah, klik 'shop' di bagian atas halaman multiply anda, anda akan di arahkan pada Marketplace lalu anda akan mendapatkan banyak kategori-kategori yang memisahkan jenis-jenis virtual online store yang ada di Indonesia. Anda bisa mengklik salah satu kategori untuk melihat daftar online seller, lalu jika anda mengklik lagi salah satu nama seller, maka anda akan diarahkan pada halaman home akun Multiply seller tersebut.

Jika, anda ingin menambahkan kategori baru, temukan link di bawah Marketplace section dan klik, lalu ikuti petunjuk untuk menambahkan kategori baru. Kategori ini akan berisi daftar penjual-penjual dengan jenis barang jualan yang sama.

Tapi, berhubung penentuan kategori ini dilakukan secara manual oleh penjual, anda mungkin akan menemukan penjual yang salah masuk atau sengaja tidak masuk dalam kategori barang yang sesuai.

Fasilitas ini, seperti yang dijelaskan oleh Mutiply di pengumumannya, diluncurkan untuk menjawab kebutuhan yang banyak di request oleh para user, selain itu fasilitas ini juga dibuat untuk membantu seller mempromosikan online store mereka dan menghubungkan dengan para pembeli potensial dan memisahkannya dari para pembeli yang tidak potensial. Multiply juga menyediakan akun premium dengan beberapa kelebihan antara lain, akan dipajang di list paling atas dalam kategori Marketplace serta bisa memajang foto profile mereka.

Menggunakan social networking yang penggunanya banyak dan sudah establish merupakan keunggulan tersendiri, karena sudah mempunyai komunitas tertentu, dan jaringan bisa membuat produk dikenal lebih cepat, setiap anda post, jaringan relasi anda akan langsung melihatnya di timeline up date, dan tentunya siapa yang tidak melewatkan fasilitas free service.

Penjualan di Multiply memang sudah sejak jauh hari menjadi trend di Multiply, bisa jadi gerakan Multiply ini agak sedikit terlambat dalam merespons keinginan user, apalagi Multiply juga harus bersaing dengan Facebook yang gencar memberikan kemudahan pada para penjual yang membuat akun di Facebook, sepertinya kata-kata bijak yang meski terdengar klise 'lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali' cocok diberikan pada Multiply.

Meskipun terlambat tapi saya sendiri, langsung tertarik membuat akun satu lagi yang akan mengkhususkan pada jualan, bagaimana dengan anda? Apakah langkah ini merupakan langkah tepat bagi Multiply, atau anda punya pendapat lain? Jangan lupa share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again