21 December 2013

by Yoga Wisesa

MixBit Versi Terbaru Untuk iOS Telah Tersedia, Kini Anda Bisa Membuat Video Berdurasi 60 Detik

Beberapa lalu YouTube pernah memiliki fitur Video Response yang memungkinkan penggunanya untuk saling berbalas video. Namun semenjak 12 September kemarin, YouTube akhirnya menghilangkan fungsi ini karena sangat jarang pengguna yang menaruh perhatian padanya - dan mempertahankan Video Response sama saja dengan membuang-buang biaya.

Video Response YouTube memiliki tingkat clickthrough sebesar 0,0004%. Itu sama saja dengan empat orang dari tiap satu juta user YouTube. Walaupun akhirnya dipensiunkan, sang co-founder Steve Chen dan Chad Hurley masih memiliki semangat juang untuk menciptakan sebuah aplikasi dengan fungsi serupa. Perusahaan yang kini mereka pimpin dikenal dengan AVOS Systems.

Aplikasi ini telah tersedia untuk iOS sejak bulan Agustus lalu dan telah diluncurkan di Android semenjak November kemarin, dan pada tanggal 18 Desember kemarin pembaruan aplikasi ini dirilis untuk iOS. Dalam versi paling anyar ini, Anda mendapatkan berbagai macam fitur baru. Salah satu yang cukup menarik adalah Collaborative Response. Ia memungkinkan pengguna 'membalas' video apapun dengan video yang Anda miliki.

Kemudian dalam fungsi baru lain, Anda dapat me-remix video-video klip pengguna lain dengan buatan Anda sendiri. Anda bisa mencari dan menyaksikan video ini dari profil di situs jejaring sosial, MixBit 'versi 2.0' juga memiliki kemampuan untuk mengekspor trailer berformat GIF ke roll kamera Anda.

Tetapi upgrade fitur terbesar adalah durasi waktu untuk sebuah klip video. Dalam versi sebelumnya, pengguna hanya bisa menciptakan video selama 16 detik. Kini dalam BitMix versi 2.0, Anda bisa merekam video selama satu menit penuh, walaupun pengguna masih dibatasi dengan waktu total video-video yang mereka miliki berdurasi satu jam. Itu berarti Anda bisa membuat paling sedikit 60 video sebelum kemudian harus memilah-milah mana yang harus dihapus.

Tentu saja kita akan membandingkan MixBit dengan aplikasi berkemampuan sejenis seperti Instagram dan Vine, namun baru MixBit-lah yang benar-benar dirancang khusus untuk 'saling berbalas video' secara intuitif - seperti fitur Video Response di YouTube.

MixBit baru ini membutuhkan sistem operasi iOS 6.1 atau yang paling baru. Walaupun berjalan paling optimal di iPhone 5, Anda juga bisa mengaksesnya di iPhone lain, iPad dan iPod Touch. Silakan unduh secara cuma-cuma di Apple Store. Versi Android-nya bisa Anda dapatkan di Google Play store.

Via The Next Web.