Twingly, penyedia layanan pencarian kini memiliki fitur baru yang rasanya belum dimiliki mesin pencarian lainnya. Kini Twingly selain mampu melakukan pencarian blog seperti blogsearch milik Google, juga memiliki pencarian microblog, yang belum dimiliki Google.

Hal ini tentu sangat berguna bagi pengguna layanan microblogging karena sampai saat ini mesin pencarian built-in di layanan-layanan seperti Twitter, Jaiku, Pownce, dan Identica yang belum terlalu bagus. Tentu saja dirilisnya layanan ini bisa mempermudah kita dalam mencari posting-posting kita terdahulu, atau posting orang lain dengan keyword tertentu. Dan pastinya juga akan sangat memudahkan pemilik brand untuk mendengar buzz di layanan microblogging mengenai brandnya tersebut.

Sayangnya untuk pengguna Plurk, sebagai layanan yang banyak digunakan di Indonesia, Twingly belum memasukkan plurk sebagai salah satu basis pencarian. Mungkin karena dari Plurk sendiri masih sangat tertutup dan cenderung hati-hati dalam merilis API untuk pencarian.

Tapi dibalik post ini, saya juga mengidentifikasi sebuah peluang bagi anda para web developer lokal untuk membuat layanan mesin pencari yang khusus untuk mencari posting-posting di Plurk. Karena kita tahu sendiri, mesin pencari Plurk sendiri tidak terlalu bagus, padahal seharusnya bisa dipermudah. Tapi kalau dilihat dari sisi Plurk sendiri, mungkin analisa data (data mining) seperti itu mungkin memang sengaja ditutup agar bisa dimonetize. Maybe ;)

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again