Opini 

Mengatur keuangan dengan aplikasi Amplop.in

Mengatur keuangan dengan aplikasi Amplop.in

Posted by
Wiku Baskoro

March 7, 2011

Tanggal 28 Februari kemarin diluncurkan sebuah layanan yang berguna untuk membantu pengguna dalam mengatur keuangan, Amplop.in.

Layanan yang berhubungan dengan pengaturan keuangan asal Indonesia memang tidak sepenuhnya layanan baru, sebelum DailySocial pernah membahas NgaturDuit.com, yang juga memberikan layanan utama untuk membantu pengguna dalam mencatat aktivitas keuangan mereka dan membantu mengaturnya.

Amplop.in merupakan aplikasi perencana keuangan berbasis web yang menawarkan beberapa layanan antara lain, mencatat transaksi baik itu pendapatan atau pengeluaran, membantu pengguna untuk menetapkan prioritas, hasil dan proses evaluasi dari transaksi keuangan yang terjadi serta menggunakan filosofi amplop dan tampilan yang berupa kalender.

Di aplikasi ini Anda bisa mencatat transaksi keuangan sesuai dengan nama transaksi yang terjadi, Anda bisa mengelompokkan berbagai transaksi keuangan yang Anda lakukan dengan sistem ‘amplop’. Amplop ini menjadi semacam kelompok transaksi untuk memisahkan transaksi yang ada, misalnya amplop untuk pendidikan, amplop untuk belanja, atau amplop untuk tagihan yang bisa dikelompokkan lagi menjadi tagihan untuk internet, listrik atau yang lainnya.

Tampilan Amplop.in berupa kalender dengan transaksi yang terjadi ditempatkan berdasarkan tanggal, Anda bisa menambah langsung transaksi dari tautan yang tersedia atau langsung dari kolom tanggal di kalender. Dua menu utama dari layanan ini adalah Kalender dan Amplop, yang masing-masing bisa diatur dan ditambahkan sesuai dengan kebutuhan.

Penggunaan istilah amplop cukup menarik, selain sebagai salah satu keunggulan yang ingin ditawarkan, penggunaan istilah ini cukup memasyarakat, teman saya, seorang pedagang yang transaksi tokonya cukup besar juga masih menggunakan ‘sistem amplop’ ini untuk mengatur transaksi keuangannya dan membuat pos-pos khusus untuk memisahkan berbagai transaksi.

Amplop.in juga fokus pada kesederhanaan fitur, jika membandingkan dengan NgaturDuit yang memiliki beberapa fitur pelengkap seperti grafik, Amplop.in justru mengambil jalur lain dengan tetap menyediakan fasilitas yang sederhana namun berguna, seperti yang dijelaskan oleh salah satu founder Amplop.in Mochammad Masbuchin, less feature bukan berarti less useful dan mencoba untuk memberikan cara mudah dalam menghadapi komplektisitas manajemen keuangan.

Saya sendiri adalah penggemar aplikasi berbasis web atau mobile, terutama buatan Indonesia, yang berfokus pada penyediaan layanan yang membantu produktifitas, termasuk untuk pengaturan keuangan, kehadiran Amplop.in yang dikembangkan oleh DropSugar (dahulu bernama Sacred Warrior) ini bisa memberikan tambahan pilihan untuk aplikasi keuangan yang sederhana, namun saya lebih menyukai tambahan fasilitas berupa grafik atau fasilitas tambahan lain seperti perencanaan investasi atau perencanaan pengeluaran untuk beberapa bulan ke depan, tetapi bagi Anda yang menyukai aplikasi keuangan sederhana dan fokus pada kalender keuangan, Amplop.in bisa menjadi pilihan.

Persaingan untuk aplikasi sejenis ini juga memang sudah cukup ramai, baik aplikasi lokal maupun international, namun Amplop.in dijelaskan oleh Masbuchin memiliki pertumbuhan yang cukup baik sejak diluncurkan minggu kemarin, Amplop.in juga sedang mengembangkan beberapa fitur seperti kalender tahunan, integrasi dengan SMS dan Twitter serta cek saldo perbankan online.

Untuk urusan monetisasi, Amplop.in tidak akan menempatkan iklan pada layanan mereka, dan berencana untuk menjalankan dua rencana yaitu konsultasi keuangan online + penawaran investasi dan proteksi serta sistem subscribe.

Bagi Anda yang kesulitan mengatur keuangan bisa mulai mencoba aplikasi ini dengan menuju tautan ini, dan jangan lupa untuk memberikan komentar Anda setelah mencoba aplikasi ini, dan untuk monetisasi, salah satu bagian paling menarik bagi saya, kita lihat eksekusi rencana monetisasi Amplop.in dan bagaimana respon para pengguna mereka, satu hal lagi, semoga mereka juga menaruh perhatian dalam mengembangkan versi untuk akses dari perangkat bergerak.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×