1. Startup

Mengapa Pada Dasarnya Rocket Internet Membantu Indonesia

Mereka datang, mereka eksekusi, mereka jual.

Samwer Brothers mungkin bukan idola bagi kebanyakan pengusaha, tetapi perusahaan mereka memberikan dampak yang besar bagi pasar startup seperti Indonesia.

Sejak kedatangan mereka beberapa bulan yang lalu, Rocket Internet telah memperkerjakan orang dengan sangat cepat, mereka membawa perusahaan tiruan ke pasar dan mendapatkan uang dari sana. Orang-orang ini tidak banyak bicara, bahkan salah satu strategi mereka adalah menghindar dari blog teknologi seperti kami. Itu bisa berarti ada yang disembunyikan oleh mereka, tetapi bisa juga berarti bahwa mereka ingin fokus atas apa yang mereka lakukan dan berbagai hal yang ingin menambahkan nilai untuk mereka dan perusahaannya. Tentu saja Rocket Internet juga sebenarnya tidak populer diantara media teknologi karena prinsip anti-inovasi mereka, yang mungkin menjadi alasan utama mereka menghidari jurnalis teknologi.

Tetapi salah satu hal yang Rocket Internet bawa adalah perilaku berhenti bertanya, fokus dalam mengerjakan sesuatu dan membuatnya berjalan. No rockstar bullshit.

Jika Anda memperhatikan bagaimana mereka beroperasi di pasar baru, Anda akan kaget. Mereka telah hadir di Indonesia baru 3 bulan yang lalu dan mereka telah memiliki ratusan karyawan, dengan lebih dari 6 produk yang telah ada di pasar. Orang-orang ini tidak berkeluh kesah mengenai layanan pembayaran untuk e-commerce mereka, mereka hanya mencoba cara untuk membuatnya berhasil. Mereka tidak menunggu, dan itu adalah perilaku pemenang.

Startup Indonesia bisa belajar dari orang-orang ini, belajar bagaimana mereka fokus dalam mengembangkan sebuah bisnis yang menguntungkan, tidak hanya mengembangkan "sesuatu yang keren". Betul pendapat ini masih bisa diperdebatkan, tetapi Indonesia belum siap untuk "mengubah dunia". Saya tidak bilang tidak mungkin, tetapi masih banyak hal yang harus kita perbaiki sebelum kita bisa mengubah dunia, dan Samwer Brothers tidak akan menunggu hal tersebut untuk memperbaiki dengan sendirinya.

Kita bisa terus menjelek-jelekan Rocket Internet, tetapi mereka tahu cara melakukan eksekusi dan membesarkan skala perusahaan dengan cepat. Motif dan agenda mereka mungkin tidak mulia, tetapi mereka bisa mengajarkan kita untuk membangun bisnis dan ekosistem yang sebenarnya. Persis seperti apa yang dibutuhkan oleh startup Indonesia saat ini, yaitu seseorang yang bisa menunjukkan bagaimana menjalankan bisnis secara serius: mengembangkan dan mengeksekusi.

Foto: Wired.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again