1. Startup

Menantikan Petualangan Baru Andi S Boediman Yang Resmi Mundur Dari Plasa.com - Mojopia (+Interview)

Plasa.com - Mojopia kembali kehilangan salah satu sosok yang menjadi ‘tulang punggung’ perkembangan Plasa selama ini, Andi S Boediman, CIO Plasa.com dan Mojopia, resmi mengundurkan diri. Penjelasan tentang kemunduran ini dituliskan secara panjang lebar di blog pribadi Andi S Boediman. Kemunduran ini hanya berselang beberapa bulan sejak mundurnya CEO Plasa.com Shinta Dhanuwardoyo awal bulan Desember tahun lalu. Kini dua orang paling depan Plasa.com - Mojopia resmi mengundurkan diri, pertanyaan tentang bagaimana masa depan Plasa.com kembali terbuka. Dari blog pribadinya, selain menuliskan bahwa akan kembali ke dunia wirausaha, Andi juga menjelaskan panjang lebar tentang perjalanan serta pencapaian penting apa saja yang dia dan CEO Plasa sebelumnya, Shinta Dhanuwardoyo raih, beberapa diantaranya adalah kerja sama Cross Border Trading dengan eBay serta perubahan layanan email Plasa.com dengan menggandeng Microsoft untuk menyediakan fasilitas email baru dengan ruang simpan yang cukup besar. Andi juga menjelaskan secara singkat tentang bagaimana strategi dan visi - misi yang disusun dalam mengembangkan dan membangun Plasa.com dan Mojopia, termasuk strategi Mojopia yang mengembangkan layanan konten dan periklanan untuk mendukung pengembangan Plasa.com sebagai penyedia layanan ecommerce. Lalu, apa yang menjadi alasan pengunduran diri ini, dan bagaimanakah masa depan Plasa.com - Mojopia? Berikut wawancara singkat DailySocial dengan Andi S Boediman, beberapa jam setelah pengumuman resmi pengunduran diri di blog Mas Andi S Boediman tersebar di Twitter.
DS (DailySocial): Apakah pengunduran ini berkaitan juga dengan kemunduran Ibu Shinta bulan Desember lalu? Apakah benar memang diakibatkan ketidakcocokan antara jiwa wirausaha yang dinamis dari mas Andi dengan budaya korporat dari Telkom? Andi: Dari awal, kita berdua memang dikontrak sebagai team leader untuk membangun Plasa.com. Kita melihat saatnya tiba bagi kita berdua untuk memberikan tongkat estafet ke new management.

Perbedaan budaya tentu ada, tetapi bukan ini yang mendasari pengunduran diri saya. Lebih kepada beberapa perubahan new direction yang saya pikir akan lebih tepat ditangani oleh eksekutif dari internal daripada entrepreneur seperti saya.

DS: Kalau ibu Shinta posisinya akan digantikan oleh Ariyadi Anaya, kalau posisi CIO yang mas Andi tinggalkan akan dipegang oleh siapa?

Andi: Nanti ada COO, mas Widi Nugroho dari Telkom.

DS: Setelah resmi resign, mas Andi akan fokus di mana mas, IDS (International Design School)? Atau malah akan bikin perusahaan rintisan baru nih?

Andi: IDS adalah satu yang akan saya konsentrasi di tahun ini karena sudah siap untuk take off. Saat ini sudah menjalin kerjasama membuat program S2 dengan IKJ untuk program Creative & Media Enterprise. Saya sendiri juga menyelesaikan S2 saya bersama-sama dengan para praktisi di industri kreatif.

Ada beberapa project yang langsung saya tangani berkaitan di industri digital, ada dua media yang meminta bantuan saya mengevaluasi business model dan road map mereka untuk di industri digital ini.

DS: Terakhir, setelah ditinggal dua orang paling penting di Plasa dan Mojopia, kira-kira bagaimana masa depan Plasa, selain banyak yang meragukan layanan yang satu ini sejak kemunculannya, tetapi di sisi lain banyak juga yang bergantung dari layanan Plasa, termasuk fasilitas email serta kerja sama dengan eBay. Apakah Plasa akan terus berkembang atau justru akan kalah bersaing dengan layanan lain, misalnya Rakuten yang akan segera meluncurkan layanannya di Indonesia?

Andi: Ketika saya dan Shinta memulai, we start from scratch, hanya visi dan funding. Setelah 2 tahun, Plasa.com sudah memiliki tim yang lengkap, partnership dengan eBay dan Microsoft, bisnis konten yang sudah menjadi financial engine, belum ditambah dengan funding dan sinergi dengan Telkom Group. Kalau kalah bersaing dan gagal kok menurut saya kebangetan ya. :D Saya percaya kepada manajemen baru untuk memiliki energi baru masuk pasar dengan lebih gagah ya.

Begitulah, kini Mas Andi akan kembali ke dunia wirausaha dan seperti yang dituliskan di atas akan ada proyek yang ditangani langsung oleh beliau, apa itu, kita lihat di beberapa bulan ke depan. Seperti yang dituliskan Mas Andi, “It's time for me to move on now”, selamat kembali ke dunia wirausaha. Untuk Plasa.com - Mojopia yang ditinggalkan, mudah-mudahan bisa tetap memberikan fasilitas, layanan terbaik bagi pengguna dan tentunya membuktikan diri di tengah perkembangan industri teknologi di Indonesia. Pembaca DailySocial bisa membaca blog pribadi Andi S Boediman di tautan ini. [Foto]
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again