1. Startup

Media Sosial Penyumbang Informasi Terbanyak di Indonesia

Dewasa ini, internet telah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi umat manusia. Hal ini didasarkan pada hasil survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), yang menyatakan bahwa jumlah penduduk Indonesia yang terkoneksi internet dalam periode 2021-2022 sebesar 210.026.796 jiwa dari total populasi 272.682.600 jiwa. Jumlah tersebut meningkat 3,32% dari hasil survei pengguna internet dalam negeri periode 2019-2020.

Dalam hasil survei Kominfo pada tahun 2022, mayoritas penggunaan internet terjadi secara signifikan pada pukul 19.01 - 21.00. Walaupun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya di jam tersebut lebih sedikit, tetapi secara keseluruhan waktu dalam sehari jam tersebut merupakan jam paling padat masyarakat menggunakan internet. Penggunaan internet di jam tersebut mengindikasikan bahwa masyarakat menggunakan internet saat di luar jam aktivitasnya.

Dalam menggunakan internet, tentunya banyak tujuan yang ingin dicapai. Salah satu hal pokok dalam menggunakan internet adalah untuk mengakses informasi. Media sosial merupakan sumber informasi terbesar dari tahun ke tahun. Dalam 3 tahun terakhir ini, masyarakat memiliki kecenderungan untuk menggunakan media sosial sebagai sumber informasinya walaupun mengalami penurunan.

Dari banyaknya jenis media sosial yang ada di Indonesia, WhatsApp merupakan media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, disusul oleh Facebook dan YouTube. Media sosial pun diyakini membantu masyarakat dalam mengikuti dan mengetahui keadaan, aktivitas, berita dari teman atau orang yang dikenalnya. Utamanya, penggunaan media sosial ini adalah untuk membantu dalam komunikasi dan interaksi dengan pengguna media sosial lainnya.

Gambar header: Pixabay.

Artikel ini ditulis oleh Anggit Nur Dwiastuti, alumni program DNA #Cohort1 yang digagas oleh DailySocial.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again