1. DScovery

Mata Uang Vietnam: Kenali Apa Itu Dong, Sejarah dan Perbedaannya dengan Rupiah

Mata uang vietnam adalah dong vietnam, dimana kata dong sendiri memiliki arti sebagai uang. Berikut ini artikel penjelasan selengkapnya!

Vietnam adalah negara yang diberikan julukan negara sosialis asia tenggara, julukan lainnya juga diberikan kepada negeri ini dengan nama negeri naga biru. Julukan negeri naga biru didapatkan karena Vietnam menjadi salah satu negara yang mengikuti jejak para naga seperti, Hongkong, Korea dan lain sebagainya.

Untuk mengenai negara vietnam secara lebih mendalam, berikut ini penjelasan seputar mata uang yang digunakan di negara vietnam beserta sejarah dan perbedaannya dengan mata uang rupiah. Berikut ini artikel selengkapnya!

Apa Itu Mata Uang Dong?

Dong adalah sebutan mata uang vietnam yang secara resmi diakui dan memiliki kode internasional VND. Dalam bahasa vietnam, kata dong berarti uang jadi pada pengertiannya jika kita menambahkan sebuah nama negara setelah menyebut dong itu akan merujuk pada mata uang negara lain.

Mata uang vietnam disebut sebagai dong vietnam, hal ini untuk memperjelas atau sebagai rujukan bahwa uang yang dimaksud adalah uang vietnam. Dong vietnam atau dalam kode internasionalnya VND, merupakan mata uang vietnam yang hadir di tahun 1978 setelah menggantikan mata uang sebelumnya, yaitu hao.

Dong vietnam atau VND dianggap sebagai unit terkecil dari mata uang vietnam yang telah dikeluarkan oleh Bank Negara Vietnam. Kedudukan mata uang vietnam saat ini menjadi salah satu mata uang dengan nilai terendah di dunia, hal ini disebabkan inflasi yang melanda negara tersebut.

Sejarah Mata Uang Vietnam

Mata uang vietnam yaitu dong vietnam bermula pada tahun 1945 ketika negara vietnam memperoleh kemerdekaan atas kolonialisme Prancis. Hal inilah yang menandakan perubahan mata uang vietnam baik dari bahan hingga desain yang tersebar di masyarakat.

Pada tahun 1945, mata uang vietnam memiliki uang tunai dengan dua sisi gambar yang berbeda dimana sisi pertama adalah paman Ho dan nama Republik Demokratik Vietnam, sisi kedua adalah gambar simbol pertanian, industri dan militer.

Saat itu jenis mata uang tersebut sering disebut sebagai uang paman, seiring berjalannya waktu pada tahun 1951 dong vietnam akhirnya dievaluasi dan didesain kembali oleh bank negara vietnam. Dong vietnam memiliki sejumlah pecahan seperti, 100,200, 1.000 maupun 2.000 tanpa adanya pengedaran uang koin.

Beralih pada tahun 1954-1975 ketika perang vietnam terjadi terjadi penerbitan catatan yang dikeluarkan oleh sisi utara vietnam dan sisi selatan vietnam secara sepihak, meskipun pada akhirnya pada tahun 1975 setelah reunifikasi mata uang vietnam kembali disatukan dengan nama “Liberation Cash”. Hal ini juga menjadi penyebab munculnya dong vietnam sebagai modifikasi ulang atas penggunaan mata uang vietnam.

Perbedaan Mata Uang Dong dengan Rupiah

Mata uang vietnam saat ini telah menjadi salah satu mata uang dengan nilai tukar terendah di dunia. Hal ini akibat dari terjadinya inflasi berkepanjang di negara vietnam, hal lain juga disebabkan kebijakan dalam penggunaan mata uang sebagai nilai tukar. Sebelum tahun 2003, nilai seri pada mata uang vietnam dinilai cukup membingungkan masyarakat dan masih kurang adanya koordinasi atas desain dan tema yang digabungkan.

Inflasi yang terjadi di negara vietnam menyebabkan pemerintah mengeluarkan kebijakan baru, dimana pada tahun 2003 vietnam mengganti uang kertas kapas dengan uang kertas polimer plastik. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya pemerintah dalam mengurangi biaya percetakan, meskipun tidak sedikit juga masyarakat yang menuntut reformasi karena menganggap bahwa hal tersebut hanya menguntungkan putra gubernur bank negara vietnam.

Pada tahun 2007, pemerintah vietnam juga menyatakan untuk menghentikan produksi nota kapas dengan nilai 50.000 VND dan 100.000 VND. Seri uang yang didistribusikan ke masyarakat dengan bahan uang kertas polimer plastik juga memiliki denominasi yang sama.

Jika dibandingkan dengan rupiah indonesia maka VND secara internasional memiliki nilai tukar yang lebih rendah dibanding rupiah. Saat ini nilai tukar 1 dolar ke rupiah setara dengan 15.000 rupiah, sedangkan nilai tukar 1 dolar ke VND setara dengan 23.000 dong vietnam. Hal ini menandakan juga jika rupiah ditukarkan pada dong vietnam, maka 10.000 rupiah akan mendapatkan 15.000 dong vietnam.

Demikian penjelasan seputar pengertian dong vietnam sebagai mata uang vietnam beserta sejarah dan perbedaan mata uang dong dengan nilai tukar rupiah. Semoga informasi yang telah disampaikan sebelumnya dapat bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again