21 July 2012

by Rama Mamuaya

Qantas Airline Akan Lengkapi Pesawat Miliknya Dengan iPad dan Streaming Internet

Maskapai penerbangan asal Australia, Qantas akan segera mengganti sistem hiburan tradisional (televisi interaktif) dengan perangkat tablet besutan Apple, iPad. Akan segera dimulai akhir tahun 2012 ini, beberapa pesawat Boeing 767 terpilih akan dilengkapi dengan iPad di semua tempat duduk penumpang.

Langkah ini memang tidak terbilang baru, sudah ada beberapa maskapai penerbangan lain yang melengkapi pesawatnya dengan perangkat tablet yang biasanya sudah terisi dengan berbagai program hiburan untuk penumpang. Berbeda dengan maskapai lain, Qantas memutuskan untuk memberikan akses streaming tidak terbatas selama 200 jam ke konten hiburan berupa audio dan video menggunakan sistem Wifi yang telah selesai diujicoba awal tahun ini. Paduan teknologi iPad + streaming + Wifi ini dinamakan QStreaming.

Pesaing terbesar Qantas, Virgin Australia telah lebih dulu melengkapi semua maskapai Boeing 737 miliknya dengan tablet Galaxy besutan Samsung yang sudah diisi dengan konten yang telah ditentukan. Namun Virgin Australia tidak memiliki Wifi dalam pesawat seperti yang dimiliki oleh Qantas. Pesaing lainnya, Jetstar juga telah menggunakan iPad sebagai sistem hiburan untuk para penumpangnya, namun penumpang harus membayar $10-15 untuk mendapatkannya.

sumber: Canberra Times