1. Startup

MappedInJakarta Hadirkan Peta Lokasi Startup di Jakarta

Sebuah startup dengan layanan menarik diperkenalkan saat Startup Asia Jakarta dengan nama MappedinJakarta. Tiga orang co-founder, yaitu Aryo Setoadji (Business Development), Willy Christiantio (Marketing & Operations) dan Hans  Yonathan (Developer) membuat sebuah situs untuk memetakan startup di seluruh Jakarta.

Idenya sama seperti peta lokasi -- hanya saja bukan jalan, tempat makan atau pun tempat hangout yang terdaftar. MappedInJakarta mengumpulkan informasi lokasi keberadaan startup, enterpreneur, coworking space,  program inkubator, accelerator, investor, serta event atau konferensi seputar startup Indonesia.

Jakarta sebagai ibukota negara, merupakan  kota besar yang padat populasi. Perekonomian Jakarta sangat bergantung pada jasa keuangan, perdagangan, dan manufaktur. Sebagai pusat perekonomian juga, di mana perputaran keuangan yang besar berpusat di Jakarta, sektor industri internet dan startup juga tumbuh subur di kota ini. Secara umum dapat dikatakan sebagian besar pengguna aplikasi di Indonesia berlokasi di Jakarta sebagai pasar yang (paling) penting.

Saat ini telah ada enam startup yang telah mendaftarkan diri di MappedinJakarta, Activecom, JKTGO, HotelQuickly, Illuminar, Qraved dan Teltic. Nampaknya, bila dilihat dari situsnya, MappedinJakarta berharap kontribusi dari startup di Jakarta mendaftarkan perusahaannya di peta.

Selain startup pengusaha, individu atau organisasi yang memiliki unit bisnis juga dapat register agar usahanya dapat terpetakan. Menurut keterangan di situs MappedinJakarta, peta lokasi enterpreneur ditujukan bagi unit usaha kecil dan menengah.

Kategori lain yang dipetakan adalah accelerator, program-program inkubator yang  mendukung startup dengan pendanaan, mentoring, pelatihan dan acara selama jangka waktu tertentu. Ada pula coworking space, tempat yang menyewakan kantor bagi individu atau startup. Yang juga bisa mendaftar dalam peta ini adalah investor (perorangan atau  organisasi yang mengalokasikan modal untuk startup) dan R&D Center.  Yang dimaksud dengan dengan R&D Center di sini adalah organisasi yang bekerja untuk menemukan dan menciptakan pengetahuan baru tentang topik ilmiah dan teknologi untuk tujuan mengungkap dan memungkinkan pengembangan produk baru yang berharga.

Dengan segala kategori dalam dunia startup yang dapat membantu perkembangan ekosistem usaha industri ini, MappedInJakarta mencoba menghubungkan dan mempromosikan komunitas teknologi dan kewirausahaan area Jakarta, dengan cara menyediakan data lokasi startup, plus contact person-nya. Selain lokasi startup dan perusahaan di bidang teknologi dan internet, MappedinJakarta  dapat menjadi alat pencarian lapangan pekerjaan. Di data startup yang sudah terpetakan akan ada notifikasi hiring bila startup tersebut mencari pekerjaan.

Tercantumnya kategori event, juga menjadikan situs ini sebagai sebuah platform sosial untuk mengetahui, waktu tempat, serta lokasi event dan konferensi startup  di Jakarta. Bila ingin startup yang dimiliki terpetakan dan mudah ditemukan, silahkan lakukan registrasi. Kunjungi situs MappedInJakarta dan daftarkan perusahaan atau usaha kecil dan menengah yang diinginkan di bagian atas ada kolom registrasi. Proses registrasi cukup melalui alamat email, atau dapat login melalui akun LinkedIn.

(Foto: Dokumentasi MappedInJakarta)

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again