20 September 2013

by Yoga Wisesa

Google Siap Luncurkan Logo Dan Layout Baru

Google sebelumnya telah menguji coba dan meracik layout baru terhitung mulai bulan Februari lalu. Awalnya mereka mencoba menghilangkan bar navigasi, kemudian memunculkannya lagi. Akhirnya Google telah memutuskan dan siap untuk meresmikan logo dan desain baru search engine terbesar di bumi ini.

Melihat dari tren saat ini, sepertinya desain dua dimensi adalah hal yang sedang digandrungi oleh para perusahaan raksasa. Windows beralih dari logo 3D di Windows 7 menjadi gaya dua dimensi simpel di Windows 8.1. Untuk iOS 7 Apple menghilangkan gaya desain ber-shader iOS 6 dengan layout 2D berwarna-warni kontras. Tren ini juga tampaknya menjangkiti Google, mereka menghilangkan semua efek tiga dimensi dalam font logo, dan menyingkirkan banyangan di belakangnya. Jika diamati, Google juga menggunakan pilihan warna yang lebih pastel dibandingkan sebelumnya.

Ini dia logo baru yang diperkenalkan Google.

Anda bisa membandingkan dengan logo yang digunakan Google saat ini.

Tentu saja bukan hanya logo baru yang sedang digarap Google. Mereka berencana untuk bar navigasi berwarna abu-abu gelap di atas dengan warna yang jauh lebih muda. Terdapat app launcher baru di pojok kanan atas dengan logo 'grid'. Saat diklik, Anda bisa langsung mengakses Gmail, Google Maps, Play Store, YouTube serta pernak-pernik milik Google lain.

Ikon 'gear' setting di dekatnya juga telah hilang dan ada ikon share baru di sebelah kiri foto Anda yang kini menempati posisi paling pojok kanan atas. Berhubungan dengan warna logo Google yang telah sedikit saya bahas, warna ikon-ikon ini juga tampaknya telah disesuaikan agar lebih senada dengan keseluruhan desain baru serta penampilan Android, Google Drive dan tampilan rumah Google Chrome.

Keseluruhan desain baru ini memang terlihat lebih cantik dari sebelumnya. Anda seakan diberikan layout yang bersih dan futuristik, namun tidak menghilangkan fungsionalitas dan kepraktisannya. Dan menurut saya, kemungkinan besar para pengguna hanya membutuhkan beberapa saat untuk membiasakan diri dengan desain baru ini.

Satu hal yang kita semua inginkan adalah perubahan ini mampu membuatnya lebih intuitif lagi serta mempermulus segala aktivitas yang Anda lakukan di dalamnya.

Logo dan tampilan baru halaman pencarian Google ini akan hadir dalam beberapa minggu ke depan.

Sumber artikel: TheNextWebSumber gambar utama: blog Google. Sumber gambar lain: TheNextWeb.