Berita 

Lisensi Creative Commons di YouTube

Lisensi Creative Commons di YouTube

Posted by
Wiku Baskoro

June 3, 2011

YouTube mengumumkan lewat blog mereka tentang penambahan fasilitas baru bagi para pengguna mereka, fasilitas baru ini berhubungan dengan atribusi karya cipta pada video yang ada di layanan YouTube.

Ada dua fasilitas yang berkaitan dengan lisensi Creative Commons (CC) di YouTube, yang pertama adalah fasilitas perpustakaan video dengan lisensi CC yang bisa diakses di YouTube Video Editor. Video editor adalah fasilitas yang bisa digunakan untuk melakukan editing video langsung di YouTube, akan ada tombol berlogo CC yang ketika di klik akan memunculkan berbagai video yang berlisensi CC.

YouTube dalam blog mereka menjelaskan bahwa hal ini bisa memudahkan pengguna yang memerlukan bagian video khusus untuk melengkapi video mereka namun memiliki sumber daya yang terbatas, misalnya video dari kota tertentu yang harus direkam menggunakan fasilitas tambahan yang canggih atau penggunaan alat bantu lain untuk mendapatkan sudut video yang baik, yang tidak bisa dicapai bagi sebagian besar pengguna.

Jadi kini, Anda yang memerlukan cuplikan video tambahan atau ingin mengolah video tertentu dan tidak mempunyai sumbernya, Anda bisa mencari video berlisensi CC dan mulai mengaturnya di YouTube video editor.

YouTube telah menyediakan berbagai video dan telah bekerja sama dengan organisasi seperti C-SPAN, Public.Resource.org, Voice of America, Al Jazeera dan organisasi lainnya, ada sekitar 10.000 video berlisensi CC yang telah tersedia. Semua video yang menggunakan konten CC akan secara otomatis menampilkan sumber video dibawah video player.

Fasilitas satu lagi adalah fasilitas yang bisa digunakan pengguna yang menginginkan atribusi lisensi CC untuk karya video mereka, ketika akan mengunggah video, Anda nantinya akan melihat pilihan lisensi CC berupa CC-BY pada pilihan lisensi video YouTube. Anda yang menginginkan alternatif hak cipta karya video bisa memilih CC-BY, pengguna lain bisa menggunakan video Anda dengan atribusi pada Anda sebagai pencipta atau pemilik awal video.

Lisensi CC yang digunakan adalah CC-BY yang secara sederhana dijelaskan sebagai lisensi yang memberikan ijin bagi pengguna lain untuk membagikan atau mengolah/mengubah karya Anda dan menggunakannya untuk karya komersial dengan memberikan credit pada pemilik karya. Lebih lengkap tentang CC-BY di tautan ini.

Penerapan lisensi CC memang berbeda-beda di tiap negara, sejauh yang saya tahu (koreksi bila saya salah) Indonesia memang belum tercakup dalam wilayah hukum yang berkorelasi dengan lisensi CC memang sudah termasuk afiliasi penerapan CC, namun masih dalam tahap pengembangan.

Saya sendiri adalah pengguna lisensi CC untuk beberapa karya termasuk untuk blog pribadi, meski penerapannya cukup rumit karena ada banyak pilihan lisensi (untuk YouTube hanya disediakan satu lisensi) namun, di sisi lain banyaknya pilihan lisensi bisa menjadi pilihan yang lebih luwes untuk hak cipta sebuah karya, yang bisa ikut membantu pengembangan konten untuk mengasilkan karya baru lainnya.

Informasi lengkap tentang CC di YouTube bisa dilihat pada tautan ini.

Via: ReadWriteWeb.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×