• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Opini 

Lihat Harga dan Jadwal Tiket Pesawat di Tiketdomestik.com

Lihat Harga dan Jadwal Tiket Pesawat di Tiketdomestik.com

Posted by
Wiku Baskoro

July 28, 2010

Bagi Anda yang membutuhkan informasi harga dari jadwal penerbangan berbagai perusahaan penerbangan lengkap dengan harga tiket, Anda bisa mencoba Tiketdomestik.com.

Tiketdomestik.com merupakan situs yang berisi informasi harga tiket pesawat yang diurutkan berdasarkan jadwal penerbangan. Informasi harga dan jadwal tiket ini diambil secara online dari situs sumber, yaitu situs perusahaan penerbangan resmi, misalnya seperti Airasia.com.

Perusahaan penerbangan yang harga tiketnya bisa dilihat di Tiketdomestik antara lain Garuda, Lion, Batavia, Airasia, Merpati, Mandala serta Citilink. Untuk mengetahui jadwal dan harga tiket pesawat tertentu, pengguna cukup memasukkan kota asal keberangkatan serta kota tujuan dan mengisi jadwal keberangkatan. 

Setelah memasukkan data tersebut maka nanti Tiketdomestik akan menampilkan daftar perusahaan penerbangan, harga tiket, kota, lengkap dengan kode keberangkatan, kedatangan serta kode penerbangan. Tiketdomestik juga akan menampilkan keterangan jika rute pernerbangan yang Anda cari tidak tersedia atau situs sumber tidak bisa diakses.

Sayangnya Tiketdomestik hanya menampilkan satu arah penerbangan saja, jadi kita tidak bisa melihat harga tiket kepulangan, seperti yang biasa dilakukan di situs resmi perusahaan penerbangan.

Sebenarnya Tiketdomestik memberikan layanan yang sangat berguna dan membantu, terutama bagi mereka yang ingin melihat daftar harga serta jadwal keberangkatan tanpa harus masuk ke situs perusahaan penerbangan tertentu. Semacam aggregat untuk berbagai harga dan jadwal keberangkatan.

Tapi sayang penggarapan situs mereka masih kurang maksimal,  pertama-tama bisa dilihat dari tidak adanya judul atau logo situs, saya mencoba mencari logo Tiketdomestik dan sudah berulang kali mencari dan tidak menemukannya. Itu dari hal yang sederhana. Entah karena ini masih dalam taraf alpha atau beta (karena di situsnya juga tidak terdapat keterangan tersebut).

Tampilan desain situsnya pun sangat polos, bahkan terkesan terlalu polos, beberapa pilihan fitur juga masih ada kesalahan tulis. Dari pengumuman yang ada di situsnya, Tiketdomestik pertama kali melakukan posting pengumuman selamat datang bulan Mei 2010, yang memberikan informasi, kemungkinan mereka meluncurkan situsnya tidak jauh dari tanggal itu, yang berarti masih cukup baru dan masih berpeluang untuk dikembangkan lebih lanjut.

Salah satu fitur tambahan selain daftar harga dan jadwal penerbangan adalah peta wisata, yang menggunakan aplikasi Google Maps, tersedia dua peta wisata, Bali dan Sumatera Barat, dan sedang dikembangan untuk peta wisata lainnya.

Mereka juga tengah melakukan survei pada para pengunjung situs mereka untuk mendata, apakah pengguna tertarik untuk membeli tiket di situs mereka, yang bagi saya, salah satu ide yang cukup baik jika bisa dieksekusi dengan pas, mungkin kerjasama dengan perusahaan penerbangan atau dengan perusahaan penyedia jasa perjalanan.

Saya sendiri berharap Tiketdomestik terus melakukan pengembangan produk dan perbaikan atas layanan mereka, banyak fitur yang bisa dikembangan, misalnya seperti penambahan jadwal menjadi dua arah, perbaikan UI, tautan ke situs resmi perusahaan penerbangan sehingga yang menginginkan keterangan lebih lengkap bisa langsung menuju ke situs mereka, atau diganti dengan sistem monetisasi dengan menjadi tempat menjual tiket, karena layanan mereka bisa sangat membantu bagi pengguna.

Itu pendapat saya, siapa tahu pembaca DailySocial punya pendapat lain. Mari tuliskan pendapat Anda pada kolom komentar.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×