1. Startup

Lengkapi Solusi Bisnis, Youtap BOS Hadir untuk Pemilik Usaha

Sebelumnya telah meluncurkan solusi khusus untuk kasir toko, yakni Youtap POS

Startup penyedia solusi bisnis Youtap memperkenalkan Youtap BOS, platform bisnis satu pintu khusus pemilik usaha. Produk yang diluncurkan bertepatan dengan hari jadi perusahaan yang ketiga ini menandai kelengkapan solusi yang sebelumnya telah ada, yakni Youtap POS untuk kasir atau karyawan di toko.

Dalam peluncurannya, Rabu (8/3), CEO Youtap Indonesia Herman Suharto menyampaikan solusi Youtap BOS dan POS memiliki peran yang berbeda, tetapi saling terkait satu sama lain. Youtap POS digunakan sebagai aplikasi kasir digital untuk keperluan operasional sehari-hari. Aplikasinya dapat dipakai dari smartphone dan tablet. Sementara, Youtap BOS diperuntukkan buat pemilik usaha sebagai alat untuk memulai, mengatur, memonitor, dan mengelola usaha.

"Proses registrasi Youtap BOS tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika belum memiliki akun Youtap sebelumnya, para bos bisa mengakses lewat situs dan langsung daftar. Dengan hadirnya Youtap BOS membuat seluruh proses pengelolaan usaha menjadi terintegrasi dan menjadikan seluruh aktivitas toko bisa terpantau dengan baik," kata Herman.

Dia melanjutkan, Youtap memiliki layanan lengkap yang terangkum dalam tiga pilar utama, antara lain solusi cashless payment, solusi POS (aplikasi kasir online) dan loyalty, hingga solusi supply chain: Belanja Stok. Ketiganya akan hadir di dalam Youtap BOS agar para pemilik usaha dapat mengambil keputusan dan menjalankan usahanya lebih maju lagi.

Untuk Belanja Stok, perusahaan bekerja sama dengan berbagai pihak, misalnya untuk belanja stok bermitra dengan supplier, seperti Indomarco, Indofood Beverage, Best Meat, Sosro, DIMA, Dagangan, Nutrifood, API, Diamond Fair, Otto, Campina dan Sari Roti. Adapun untuk pengiriman logistiknya dilakukan oleh Shipper dan Sicepat.

Sejak diperkenalkan di tahun lalu, Youtap BOS diklaim layanan Belanja Stok menjadi fitur favorit pelanggan dengan lebih dari 15 ribu transaksi dan 100 ribu barang. Terdapat 100 solusi di Youtap BOS, mulai dari mengetahui untung-rugi penjualan, analisis produk, status transaksi terbaru, terima semua jenis pembayaran baik tunai hingga nontunai, belanja stok, hingga penawaran paket usaha terlengkap, seperti paket Extra Mantap dan Paket Extra Untung.

Selain menghadirkan insight mendalam terkait penjualan, salah satu keunggulan Youtap BOS, yaitu Youtap ADS yang memungkinkan pemilik usaha bisa mendapat dukungan branding karena adanya penyediaan layanan visual konten hingga beriklan di media sosial. Hal ini tentu sangat cocok digunakan bagi pemilik usaha sebagai pemegang keputusan.

Masuk kota lapis dua dan tiga

Tak hanya itu, di ekosistem digital Youtap para pemilik usaha juga bisa terkoneksi dengan dengan banyak mitra strategis Youtap seperti perbankan, penyedia jasa keuangan, serta pemasok stok-stok barang dagangan dan bahan baku untuk usaha. Langkah ini diharapkan bisa melahirkan lebih banyak pemilik usaha yang unggul dari berbagai wilayah dan tercipta hubungan yang saling memberdayakan antara pelaku UMKM, mitra pemasok dan enterprise.

Herman menjelaskan perusahaan akan mendorong perluasan basis penggunanya ke lebih banyak kota lapis dua dan tiga. Menurutnya, meskipun digitalisasi bisa menjangkau seluruh Indonesia, nyatanya upaya membuka potensi di kota-kota ini memiliki tantangan berbeda dalam adopsi perilaku digital

Pertumbuhan ekonomi di kota-kota tersebut, meski slow adopter, tetapi nyatanya diprediksi menyumbang PDB lebih besar dalam beberapa tahun ke depan. Berdasarkan laporan Alpha JWC Ventures dan Kearney, kontribusi kota-kota tersebut akan meningkat sebesar 3%-5% pada 2030.

More Coverage:

Untuk menjangkaunya, terdapat tim lapangan yang terus mengedukasi pedagang di kota besar dan kecil sambil terus mengembangkan ekosistem digital terbesar dan terlengkap bagi para pelaku usaha.

"Upaya ini tercermin dengan pertumbuhan Youtap di kota tier 2 dan tier 3 yang lebih tinggi, yakni mencapai double growth transaksi. Bahkan, transaksi Youtap di Sulawesi tumbuh mencapai 3x lipat. Dengan adanya pertumbuhan positif di berbagai lini, Youtap menunjukkan profitabilitas pada bisnisnya lewat keunggulan kami di tiga layanan utama," tutup Herman.

Saat ini, ada lebih dari 500 ribu pelaku usaha tergabung di ekosistem Youtap yang tersebar di 510 kota, termasuk Dumai, Tebing Tinggi, Payakumbuh, Pematang Siantar, Ciamis, Kuningan, Banjar, Salatiga, Tegal, Karanganyar, Mojokerto, Tulungagung, Maricaya, Pettarani, dan Rappocini, Mangasa. Digitalisasi tercepat ada di kota Riau dan Batam dengan pertumbuhan 196%.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again