1. Startup

Lacak Perangkat GPS Dengan Kulacak

Location based service memang benar-benar sedang booming, mulai dari layanan luar negeri seperti Brightkite, 4square, Gowalla, sampai layanan lokal seperti Koprol dan Urbanesia. Sepertinya beberapa isu privasi yang menyertai layanan location-based tidak jadi masalah bagi kebanyakan pengguna. Memang layanan seperti ini sangat sensitif dan harus disikapi secara bijaksana.

Kulacak.com adalah salah satu pemain lokal yang berusaha masuk ke pasar layanan location-based dengan mengintegrasikannya dengan perangkat GPS. Melalui Kulacak.com anda cukup memasukkan ID GPS anda dan Kulacak akan menampilkan peta posisi perangkat GPS anda tersebut secara real-time. Cara kerjanya sangat sederhana, dan membuka banyak sekali kemungkinan untuk pemakaiannya.

Anda bisa melacak mobil suami/istri/pacar anda, melacak kendaraan kurir, basically melacak apapun yang bergerak dan bisa dipasangi perangkat GPS. Untuk korporat tentu sangat berguna untuk memastikan mobil dinas perusahaan tidak dipakai karyawan untuk hal-hal diluar urusan kantor, misalnya. Atau mungkin saya bisa memasukkan ID GPS milik orang lain dan melacak tanpa sepengetahuan orang tersebut? Hmm.. bisa bahaya kalau begitu.

Mereka memang memiliki fungsi yang cukup baik untuk common audience, namun saya pribadi melihat Kulacak lebih cocok untuk korporat. Beberapa fungsi yang saya lihat juga cukup keren seperti kemampuan menunjukkan kecepatan perangkat bergerak dan juga proses reporting yang cukup mendetil.

Selain menyediakan layanan berbasis GPS ini, Kulacak.com juga menyediakan fasilitas dimana anda bisa membeli GPS di situs mereka. Jadi sepertinya sinergi antara core service dan monetisasi (sampingan) cukup selaras. Meski sepertinya bisa juga Kulacak mengincar pasar korporat yang bersedia membayar lebih untuk beberapa fitur tambahan dibandingkan dengan pengguna gratis.

Oke, kira-kira apa yang akan anda lakukan dengan Kulacak ini? bagaimana dengan kemungkinan penyalahgunaan layanan ini? Kami tunggu pendapat anda di kolom komentar.

ps:thanks for the tip icha!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again