1. Startup

Kriuq.com: Tanya, Jawab dan Bagikan Konten

Anda mungkin sudah mengenal Quora, yang awal tahun ini sempat menjadi salah satu layanan populer dalam waktu singkat di Indonesia.

Jika Quora kurang mendapatkan adopsi pengguna Indonesia yang berkelanjutan, salah satunya dikarenakan peraturan yang ketat serta penggunaan bahasa Inggris pada layanan mereka, Anda bisa mencoba salah satu project yang dikembangkan oleh Mufti Ali yaitu Kriuq.com. Layanan Kriuq memang mirip dengan apa yang ditawarkan oleh Quora namun dengan beberapa kelonggaran peraturan serta penggunaan bahasa yang tentunya dikhususkan untuk pengguna Indonesia.

Kriuq.com dikembangkan oleh Mufti Ali sejak Januari dan menjadi semacam weekend project. Dijelaskan Ali, Kriuq merupakan sebuah media untuk berdiskusi, pengguna bisa mengajukan atau menjawab pertanyaan atau membagikan konten tertentu yang nantinya bisa dikomentari oleh pengguna lain. Pertanyaan yang diajukan bisa ditujukan untuk publik atau pada pengguna tertentu. Anda juga bisa follow pengguna lain untuk menambahkan relasi Anda di Kriuq.

Kriuq juga menyediakan beberapa fasilitas untuk memudahkan pengguna dalam 'mengikuti' pertanyaan tertentu sehingga bisa melihat perkembangan jawaban atas pertanyaan yang menarik. Ali juga menjelaskan bahwa ia sadar akan persaingan yang ada di layanan Q&A, oleh karenanya Kriuq ini akan dikembangkan menjadi media diskusi dengan cita rasa Indonesia.

Harus saya katakan, secara mendasar tampilannya memang mirip dengan Quora, namun dengan perbedaan fitur serta fasilitas yang ada. Tampilan Kriuq kali ini juga merupakan tampilan kedua yang beberapa waktu lalu diubah oleh Mufti Ali, perubahan dilakukan agar pengguna mendapatkan gambaran atas layanan yang disediakan Kriuq.

Sejauh ini memang cita rasa Indonesia yang bisa terlihat pada layanan Kriuq adalah bahasa yang digunakan oleh pengguna, yang saat tulisan ini ditulis berjumlah 130 orang. Masih banyak yang bisa dikembangkan oleh Kriuq agar layanan mereka bisa diterima oleh pengguna Indonesia, survey kecil-kecilan tentang apa yang pengguna Indonesia butuhkan untuk layanan Q&A mungkin bisa membantu Kriuq menemukan ciri khas Indonesia yang mereka cari.

Salah satu hal yang saya cari dari layanan Q&A tentu saja adalah pertanyaan dan jawaban yang berkualitas, dan itu saya temukan dari layanan Quora, ketatnya peraturan di sana juga salah satunya diperuntukkan sebagai cara untuk menjaga kuallitas konten yang ada. Permasalahan yang ada dengan pengguna Indonesia cukup rumit sebenarnya, cenderung dilematis.

Pengguna Indonesia yang reaktif atas layanan baru (terutama berunsur sosial) di satu sisi adalah pangsa pasar yang menggiurkan, namun di sisi lain menimbulkan persoalan tersendiri terutama tentang kualitas konten yang dibagikan, Kriuq tentunya harus menemukan cara agar konten yang dibagikan dilayanan mereka bisa tetap terjaga kualitasnya namun di sisi lain, layanan yang disediakan jangan terlalu rumit untuk digunakan.

Perjalanan project yang ingin dikembangkan menjadi startup ini memang masih panjang, saya sendiri juga masih menemukan beberapa bug, seperti fasilitas pencarian, yang adalah bagian penting dari layanan seperti Kriuq, masih harus disempurnakan, minimal dari tampilan hasil pencarian yang saya pikir masih kurang rapih serta logo yang terpotong ketika saya mengakses layanan Kriuq. Untuk tampilan juga sepertinya harus dikembangkan agar beda dari tampilan layanan sejenis, atau lebih baik jika Kriuq melakukan survey sederhana untuk mencari tampilan seperti apa yang digemari oleh pengguna lokal, saya pikir behaviour pengguna kita tentu memiliki keunikan tersendiri.

Anda yang ingin mencoba layanan Kriuq bisa menuju tautan ini, dan tentunya saya menunggu komentar dan pendapat Anda tentang layanan Kriuq.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again