1. Startup

Kota Manado Terapkan Qlue untuk Sistem Tata Kota Pintar

Dengan inisiatif "Qlue Manado Cerdas" diharapkan mampu meningkatkan keterlibatan warga dalam pembangunan kota

Melanjutkan inisiatif yang telah diterapkan di DKI Jakarta, Probolinggo dan Kota Bima, giliran Pemerintah Kota Manado yang akan melancarkan inisiatif kota pintar bersama Qlue.

Dengan tagline "Qlue Manado Cerdas", di bawah komando Walikota terpilih G.S. Vicky Lumentut, implementasi Qlue akan difokuskan untuk meningkatkan layanan pemerintah yang melibatkan partisipasi warga. Pemerintah Kota Manado akan juga berkomitmen lebih fokus kepada implementasi yang efektif dan berdampak nyata.

"Mengetahui solusi smart city yang dimiliki Qlue, akhirnya kami perlahan bersama membangun program Manado Cerdas, mulai dari mempelajari sistem yang telah diterapkan Qlue di Jakarta Smart City, pembangunan data center Manado hingga pelatihan terhadap Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Manado terkait penggunaan Qlue," tutur Vicky melalui Wakilnya Mor Dominus Bastiaan.

Di tahap awal, sosialisasi akan dilakukan kepada masyarakat untuk mengunduh aplikasi Qlue. Mereka dapat mulai melaporkan keadaan kota yang perlu diperbaiki. Pemerintah berharap aplikasi tersebut dapat menjadi medium yang dapat memfasilitasi ekspektasi masyarakat terhadap pemerintah tentang layanan publik.

"Implementasi efektif adalah fokus kami agar kehadiran aplikasi Qlue dalam program Manado Cerdas ini bukan hanya menjadi implementasi sistem smart city semata, tetapi mewujudkan konsep kota cerdas yang sesungguhnya sehingga mewujudkan peningkatan layanan pemerintahan di seluruh perangkat daerah Pemerintah Kota Manado dengan melibatkan partisipasi warga," ujar Erwin Kontu selaku Kepala Dinas Kominfo Kota Manado.

Qlue sendiri didesain dalam aplikasi media sosial yang mampu menghubungkan sesama warga, mempermudah jalur laporan ke pemerintah, memantau keadaan kota, hingga menyalurkan aspirasi ke pelayanan pihak swasta.

Setiap postingan Qlue terutama laporan permasalahan akan terintegrasi dengan sebuah smart dashboard yaitu mycity.qlue.id. Smart dashboard ini memiliki analitik sistem yang memungkinkan para pemangku kepentingan untuk memantau wilayahnya, memetakan permasalahan kota dan mengambil keputusan.

"Antusiasme Pemerintah Kota Manado terhadap implementasi Qlue tentu menambah semangat positif bagi kami, dan semoga nantinya antusiasme ini dapat merambah secara positif kota-kota lain di Indonesia. Kami selalu siap membantu kota-kota di Indonesia untuk mewujudkan perubahan kota yang melibatkan partisipasi publik dengan pemanfaatan teknologi," tutur Marketing Communication Qlue Indonesia Rilia Marina.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again