31 January 2013

by Amir Karimuddin

Konten Musik BlackBerry World Belum Sambangi Indonesia

Salah satu highlight di peluncuran device BlackBerry 10 adalah ketersediaan konten musik dan video yang lebih luas di BlackBerry World. Ada 18 negara yang memperoleh kesempatan mencicipi layanan ini dan seperti biasa Indonesia tidak termasuk di dalamnya. Di luar grup negara-negara maju di Amerika dan Eropa, Singapura dan Malaysia sebagai negara tetangga merupakan negara yang memperoleh kesempatan pertama.

Cerita ini mengulangi kisah ketika iTunes menyambangi Asia Tenggara. Semua negara-negara di kawasan ini memperoleh kesempatan mengakses konten-konten musik dan film iTunes, kecuali Indonesia yang akhirnya memperolehnya di bulan Desember lalu, berdekatan dengan peluncuran iPhone 5.

Tentu saja tidak menutup kemungkinan bahwa Indonesia akan memiliki akses terhadap konten-konten ini di edisi putaran kedua, tapi ini merupakan sinyalemen bahwa kondisi yang terjadi adalah belum tercapainya kata sepakat untuk negosiasi dengan music label lokal ataupun memang pasar Indonesia dianggap masih belum signifikan untuk hal pembelian konten kreatif seperti ini.