1. Startup

Komikoo Ubah Layout dan Tambahkan Fitur Bursa

Komikoo, salah satu pemenang dari SparxUp Award 2010 beberapa waktu yang lalu memperbaharui tampilan dari situs mereka. Beberapa perubahan dari tampilan Komikoo yang lama antara lain, desain tab menu, pengurangan kolom halaman utama menjadi hanya dua dan menambahkan beberapa elemen desain.

Tampilan baru ini, dijelaskan oleh Komikoo, didesain untuk memudahkan pengguna dalam mengunggah karya serta membaca koleksi komik yang ada Komikoo.

Selain dari perubahan tampilan, Komikoo juga menambahkan beberapa fasilitas baru, yang pertama yaitu fitur Images yang merupakan segmen ilustrasi dan sketsa yang menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk mengunggah berbagai hasil karya non visual dan atau karya ilustrasi dan sketsa dari komik yang belum selesai dikerjakan.

Fasilitas lain yang ditambahkan adalah Preview, Iqbal dari Komikoo menjelaskan bahwa fitur Preview memungkinkan pengguna untuk melakukan promosi dari hasil karya mereka yang telah diterbitkan, semacam trailer film, komikus yang karyanya telah diterbitkan bisa memasang Preview (trailer) dari komik/buku/karya mereka di Komikoo.

Dan terakhir, fasilitas yang baru saja ditambahkan di Komikoo adalah Bursa. Fasilitas ini memungkinkan anggota dari Komikoo untuk mem-posting iklan di situs Komikoo. Anggota Komikoo bisa memasang iklan untuk mencari atau menjual barang/jasa. Saat ini layanan Bursa di Komikoo disediakan secara gratis.

Penambahan beberapa fitur ini memang diperuntukkan bagi para pengguna, fitur Images bisa memperluas karya yang ditampilkan tidak hanya sebatas komik yang sudah jadi saja, tetapi berbagai karya visual lain, bahkan bisa menambahkan peluang bagi kerja 'kolaborasi' jika komikus mempulikasikan karya yang belum selesai dan pengguna lain tertarik untuk menyelesaikan secara bersama-sama.

Komikoo, sampai tulisan ini ditulis telah memiliki anggota sebanyak 1.985, bertambah dari 600-an sekitar November tahun lalu, jumlah karya yang diunggah adalah 604 karya, sedangkan pageviews rata-rata 2.000 perhari, dan rata-rata pengguna menghabiskan waktu 10-15 menit di Komikoo. Setiap pengguna membuka sekitar 6 halaman dengan satu komik dihitung sebagai halaman Komikoo.

Fitur Preview juga bisa menjadi ajang promosi bagi komikus sedangkan fitur Bursa menambah fasilitas bagi pengguna atau komikus yang ingin menawarkan jasa atau barang, hanya saja fasilitas Bursa memang harus diberi perhatian lebih, bentuk bursa atau tempat jual-beli memang bisa menjadi penarik dari sebuah layanan, namun peraturan yang berkaitan dengan cara menjual tetap harus diperhatikan karena setiap penjual akan memiliki kepentingan sendiri yang berbeda-beda.

Barang dan jasa yang bisa ditawarkan juga bisa dibatasi hanya pada berbagai barang/jasa yang berhubungan dengan komik atau dunia menggambar, fokus pada pangsa pasar niche dengan usaha untuk melengkapinya dengan berbagai barang/jasa yang unik, sehingga nantinya jika konsumen ingin mencari barang/jasa yang unik dan berkaitan dengan dunia komik, mereka akan datang ke Bursa Komikoo.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again