6 December 2012

by wiku

Kode Akses Tunggal RBT Terbuka Untuk Operator Lain (Selain XL dan Indosat)

XL dan Indosat menggelar Pesta RBT dan iRing untuk menaikkan kembali pamor RBT di kalangan masyarakat setelah 'Black October 2011' yang dianggap mematikan bisnis RBT. Bersamaan dengan pest RBT dan iRing ini disediakan pula kode tunggal untuk mengakses layanan lewat *919#. Namun kode akses tunggal ini tetap terbuka untuk operator lain tidak hanya XL dan Indosat.

Seperti yang dikutip dari IndoTelko, kode akses tunggal ini terbuka untuk semua operator karena bertujuan untuk membangkitkan kembali bisnis RBT. Jadi selain XL dan Indosat operator lain juga bisa menggunakan koda akses tunggal ini.

Namun untuk keputusan apakah akan bergabung dengan kode tunggal ini diserahkan pada operator masing-masing. Termasuk Telkomsel yang tidak jadi ikut dalam kode tunggal. Seperti yang dikabarkan, harusnya 3 operator yang ikut serta dalam Pesta RBT dan iRing ini, namun satu operator, Telkomsel tidak jadi bergabung menggunakan kode akses tunggal.

Untuk Pesta RBT dan iRing yang dimulai kemarin, ada 12 labal rekaman yang ikut serta, untuk tarif sendiri, XL menerapkan harga langganan Rp 3.300 per minggu sedangkan Indosat Rp. 3190 per minggu, disediakan pula promosi undian berhadiah pulsa, unit ponsel dan motor bagi pelanggan layanan ini.

Bisnis RBT sendiri sepertinya memang masih ingin dibangkitkan karena menjadi tumpuan bagi pelaku industri, setidaknya label dan operator dan content provider. Masih dari IndoTelko, diprediksikan 90% pendapatan bisnis konten didapatkan dari RBT. Jumlahnya sebesar Rp 8 - 10 triliun. Omset industri musik tahun 2011 diprediksikan terkoreksi menjadi Rp 450 miliar dari Rp 600 miliar akibat unreg massal bulan Oktober, dan diperkirakan bisnis konten tersisa 0.5% dari angka Rp 8 - 10 triliun tersebut.

Industri musik, khususnya di dunia digital di Indonesia sendiri memang terus berkembang. Meski masih mencari-cari cara untuk bisa merengkuh kemajuan teknologi yang ada, namun geliatnya terus terasa. Tidak hanya yang dilakukan perusahaan besar tetapi juga oleh perusahaan rintisan, dengan menghadirkan layanan situs komunitas musik, streaming dan berbagai layanan lain.

Persaingan juga tidak hanya datang dari layanan lokal tetapi juga luar, seperti layanan streaming Deezer. Selain itu, pengguna iOS pun kini dimanjakan dengan hadirnya iTunes Store Indonesia untuk konten musik, yang memudahkan pengguna untuk membeli musik dengan akun Apple ID Indonesia.

[Gambar]