1. Startup

Ketika Kerja Kolaborasi Menjadi Sangat Sederhana

Beberapa hari ini ide tentang kolaborasi dan bagaimana social gear merespon tentang hal yang satu ini terus berputar dalam otak saya. Untungnya dengan bantuan Google Reader, saya menemukan beberapa aplikasi yang bisa membuat proses kolaborasi masuk pada tahap yang sangat menyenangkan.

Salah satu aplikasi itu bernama Apollo. Aplikasi ini secara sederhana memungkinkan anda untuk berkolaborasi pada sebuah project yang berbasis pdf dan image. File akan dinamakan proof yang nantinya bisa di beri notes di bagian tertentu. Notes ini berfungsi sebagai koreksi atau catatan tambahan atas sebuah project.

Saya berpikir, aplikasi ini cocok untuk para desainer yang mengharuskan mengirimkan proofing pada klien mereka lewat attachment yang terkadang memakan waktu dan tetap harus menunggu balasan, proses brainstorming tidak bisa dilakukan secara langsung atau real-time. Dengan Apollo anda bisa mengirimkan, sebagai contoh sebuah proofing desain dalam bentuk image, kemudian anda bisa mengundang klien anda lewat email, nantinya klien anda bisa langsung melihat dan memberikan revisi pada proofing anda dengan aplikasi notes. Proses pemberian notes ini cukup mudah dan simple, anda bisa menempatkan notes ini hampir dibagian manapun dari proof anda, sehingga proses feedback bisa dilakukan dengan detail.

Jika notes koreksi telah selesai di tambahkan maka ada dua pilihan yang selanjutnya bisa dilakukan, terima proof atau menolaknya. Apollo juga menyediakan pilihan siapa saja yang bisa menyetujui proof ini, sehingga anda bisa menentukan siapa saja dalam tim kolaborasi anda yang punya wewenang lebih. Setelah proof diterima atau ditolak maka proses penambahan notes tidak bisa lagi dilakukakan dan proof dianggap telah selesai di baca.

Apoolo memang terlihat sangat simple sebagai sebuah aplikasi kolaborasi, tapi terkadang yang dibutuhkan dalam sebuah aplikasi adalah kesederhanaannya, dan sepertinya itulah yang ingin dikedepankan oleh aplikasi ini, fokus pada fungsi feedback dari sebuah kolaborasi dan simplisitas user interface. Kolabrosasi menjadi seperti sebuah kata kunci yang terus berkembang dan diaplikasikan pada berbagai social gear atau web apps, beberapa aplikasi seperti Appolo saya pikir bisa menjembatani para praktisi freelance, desainer, writer, blogger dan para profesional yang bekerja pada suatu project yang membutuhkan feedback dan proses branstorming real-time, anda juga terhindar dari proses menunggu dengan cemas attachment email. :)

Pernah terlibat dalam sebuah project kolaborasi? Atau anda punya ide tentang aplikasi lain untuk kolaborasi? Share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again