Berita 

Kerjasama Yahoo! Japan dan Taobao China

Kerjasama Yahoo! Japan dan Taobao China

Posted by
Wiku Baskoro

May 11, 2010

Masih ingat dengan salah satu artikel DailySocial yang menuliskan tentang kerjasama antara raksasa internet China dengan e-commerce terbesar di Jepang, yang berencana meluncurkan mall terbesar di China?  Mereka adalah Baidu dan Rakuten, masing-masing merupakan pemain yang sangat penting di negara mereka.

Kini, sebagai kawasan negara yang mendapatkan predikat the emerging market ini akan diramaikan kembali dengan proses kerjasama antara dua raksasa internet Asia, Yahoo! Japan dan Taobao. Yahoo! Japan merupakan website terbesar di negara tersebut sedangkan Taobao merupakan e-retailer terbesar di China.

Kerjasama yang akan dilakukan merupakan kerjasama lintas batas, jadi nantinya masing-masing website akan memberikan tautan dari toko online mereka masing-masing. Yahoo! Japan akan menambahkan pada layanan shopping mereka, apa yang disebut sebagai China Mall, dan membawa 50 juta produk dari China dalam bahasa Jepang, sedangkan Taobao akan merencanakan untuk melakukan penawaran atas 8 juta produk dari merchants yang berasal dari Jepang dan menempatkannya pada layanan TaoJapan yang merupakan layanan berbahasa China di halaman depan website Taobao.

Asia adalah pasar masa depan, kawasan ini merupakan pasar ketiga terbesar internet dunia. Perumbuhan pengguna, penyerapan serta perkembangan teknologi yang sangat pesat didukung dengan pangsa pasar yang masih terbuka lebar serta penduduk yang sangat banyak, adalah sebuah peluang yang sama sekali tidak bisa dipandang sebelah mata.

Untuk pasar lokal peluang bisnis e-commerce juga masih terbuka lebar, meski tingkat persaingan mulai memanas, tapi pertumbuhan situs yang bermain di genre ini terus terjadi baik itu pamain maupun user serta transaksi, mungkin nanti ada saatnya akan trend pertumbuhan akan beralih ke trend payment method yang akan membawa e-commerce kita pada babak selanjutnya, semoga saja perkmbangan antara Yahoo! Japan dengan Taobao China ini akan memberikan dampak yang bukan negatif tetapi positif bagi perkembangan internet di pasar lokal

Dan tentunya, semoga pandangan dunia akan Asia sebagai masa depan juga ikut menyertakan Indonesia sebagai salah satu emerging market Asia, yang sangat menjanjikan di dunia internet, sehingga para startup terutama untuk startup yang bergerak di bidang e-commerce bisa terus tumbuh dengan pesat.

Sumber TechCrunch.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×