• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Kerjasama Flickr dan Getty Images Berlanjut

Kerjasama Flickr dan Getty Images Berlanjut

Posted by
Wiku Baskoro

June 21, 2010

Flickr dan Getty Images luncurkan program baru yang diperuntukkan bagi fotografer pemula serta pembuat konten, misalnya blogger untuk lebih mudahkan dalam menemukan sumber foto yang bisa mereka dapatkan dengan lisensi tertentu.

Mulai saat ini para pengirim foto dan pengguna foto bisa bekerjasama dalam sebuah program yang dinamakan ‘Request to License’. Seperti yang dituliskan dalam pengumuman di blog mereka, program ini merupakan kerjasama lanjutan antara Flickr dan Getty Images yaitu Flickr Collection yang bisa diakses melalui situs Getty Images yang telah berjalan sekitar setahun.

Getty Images merupakan salah satu jasa penyedia koleksi karya mulai dari royalty-free stock photography, editorial images, footage atau musik dan karya multimedia. Sedangkan Flickr, adalah salah satu penyedia jasa penyimpanan foto dengan komunitas serta pengguna yang besar, mulai dari profesional maupun amatir atau pengguna biasa yang meng-upload koleksi foto mereka.

Program ‘Request to License’ tentu berguna bagi mereka para fotografer pemula atau yang karyanya belum dikenal tapi hasilnya baik, serta para pengguna Flickr lain yang ingin mendapatkan penghasilan dari lisensi foto yang mereka upload di Flickr.

Program ini bisa diaktifkan oleh pengguna dengan mengatur lisensi bagi foto publik anda. Untuk foto yang diatur sebagai foto publik, maka nantinya akan ada link berupa teks ‘Want to license’ yang hanya terlihat bagi pemilik foto, setelah melakukan klik atas link ini maka anda akan diarahkan pada halaman pengaturan lisensi, ada tiga jenis pilihan yang bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing pemilik foto.

Setelah anda klik button ‘save’ maka pengguna yang mampir di koleksi foto anda akan melihat tanda atau link khusus tentang lisensi dari foto anda.

Ketika ada yang tertarik dengan foto yang anda miliki, Getty Images akan mengontak anda serta mengatur detail lain dari lisensi, dan tentu saja keputusan tentang lisensi ada pada pemilik foto.

Bagi saya, yang kebetulan juga pengguna Flickr perkembangan dari Flickr ini cukup melegakan, minimal fotografer amatir bisa mengatur atau merubah lisensi foto mereka langsung di Flickr.

Memang mereka yang tertarik dengan dunia fotografi bisa gabung dengan berbagai layanan photo-stock seperti ShutterStock dan semacamnya, tapi kerjasama antara Flickr dan Getty Images merupakan kombinasi antara komersial dan komunitas, masing -masing dengan kelebihannya dan memberi pilihan baru, baik bagi pengguna maupun peng-upload foto.

Dan, mungkin kerjasama seperti ini bisa juga menjadi ide bagi penyedia jasa photo-stock serta komunitas foto lokal, yang jumlahnya tidak sedikit.

Untuk mereka yang tertarik dengan program Flickr – Getty Images, bisa melihat keterangan lengkap dan link FAQ atas kerjasama ini di sini.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×