1. DScovery

Kenali Strategi Marketing Tiktok Shop Sukses Bagi Pemula

Tiktok sudah menjadi alat marketing yang luar biasa, pelajari cara menggunakan tiktok untuk pemula disini

Tiktok adalah media sosial yang saat ini menjadi salah satu alat marketing terbaru bagi para marketer dan pebisnis. Namun, kini Tiktok dapat digunakan oleh pemula dengan fitur yang ditawarkan seperti e-commerce, yaitu Tiktok Shop. 

Tiktok Shop menjadi market yang sedang diminati. Bagaimana tidak? Berdasarkan laporan hasil survei yang dilakukan e-logistik Ninja Van bahwa di Indonesia sekitar 27,5% lebih banyak memilih menggunakan fitur live streaming Tiktok Shop dibandingkan Shopee.

Tiktok Menjadi Pilihan UtamaDalam Berbisnis

Berdasarkan laporan Sensor Tower, jumlah konsumen Tiktok secara global meningkat dari tahun 2018 hingga 2021, dengan puncaknya pada quarter ke-2 tahun 2021 mencapai 535 juta konsumen. Jumlah tersebut menjadikan Indonesia menempati peringkat kedua setelah Amerika Serikat dengan jumlah terbanyak yang menggunakan Tiktok berdasarkan laporan dari We Are Social.

Semakin bertumbuhnya pengguna Tiktok menjadi kesempatan emas untuk dapat memanfaatkannya sebagai alat pemasar ditambah dengan fitur Tiktok Shop yang ditawarkan oleh Tiktok. Namun, hal ini perlu diketahui terlebih dahulu strategi marketing yang digunakan agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Intip Strategi Sukses di Tiktok Shop

Kenyataannya saat ini banyak yang sukses menguasai fitur Tiktok Shop, khususnya di Indonesia. Rata-rata mereka berasal dari pemula yang baru merintis bisnisnya. Sehingga, tidak salahnya kamu untuk mencoba dengan mengikuti strategi dibawah ini!

1. Deskripsi dan Foto Produk yang Jelas

Pertama, atur foto produk dari bisnis kamu agar terlihat lebih jelas dan profesional. Gunakan foto yang bersifat orisinalitas dan menarik agar konsumen menjadi lebih yakin dengan produk kalian. Kemudian, tambahkan deskripsi produk dengan jelas dan detail agar informasi produk yang ingin disampaikan ke konsumen menjadi tersampaikan. 

2. Aktif Membuat Konten FYP 

Mulai membuat content marketing yang berfokus pada penjualan produk. Kemudian, dapat mengikuti trend yang sedang FYP di Tiktok untuk mencapai target audience atau konsumen serta peningkatan penjualan produk.

3. Rajin Melakukan Live Streaming Produk 

Manfaatkan fitur Live Streaming untuk memasarkan produk. Menurut Katadata.id mengatakan bahwa dengan melakukan Live Streaming akan membawa konsumen baru, menjadi cara yang baik untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan konsumen, serta menciptakan buzz dan kesadaran dari penjual untuk meningkatkan minat beli ke konsumen.

4. Kerjasama dengan Affiliate dan Influencer Tiktok

Dalam meningkatkan penjualan, kerjasama dengan affliate Tiktok adalah cara yang mudah serta pengeluaran untuk biaya yang terjangkau. Sehingga, hal ini juga dapat meningkatkan brand awareness dari produk kamu.

5. Ikuti Campaign Tiktok 

Selalu ikuti campaign yang diselenggarakan oleh Tiktok yang mana disetiap campaign konsumen akan diberikan benefit seperti diskon harga ongkos pengiriman maupun produk. Sehingga, hal tersebut dapat menarik calon konsumen untuk bertransaksi.

---

Artikel ini ditulis oleh Stella Kova, alumni program DNA #Cohort1 yang digagas oleh DailySocial.id

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again