1. Startup

Keepo Segera Lepas Status Beta di Kuartal Pertama 2015

Sudah cukup lama rasanya status beta disandang oleh Keepo. Sejak diperkenalkan kepada publik pada Agustus 2012, publishing platform yang dikembangkan oleh Chilikode yang berbasis di Surabaya ini mengungkapkan pada DailySocial melalui email bahwa mereka berencana untuk melepas status beta di kuartal pertama 2015. Chilikode yang beranggotakan empat orang, yaitu Michael Rendy, Willy Toba, Rikko Filiano, dan Michael Boedjar, saat ini juga sedang dalam proses mengurus badan usaha.

Melalui email, COO dan Media Analytics Manager Keepo Willy Toba mengatakan, "Kemungkinan status beta-nya akan dilepas di Quarter 1 tahun 2015, karena masih ada beberapa fitur unggulan yang masih dalam proses pengembangan, dan diperkirakan akan baru selesai di Quarter 1 tahun depan."

Dengan mengusung platform publishing atau user generated content, seperti Tumblr, di Indonesia sendiri Keepo akan berhadapan dengan Mindtalk sebagai kompetitornya secara langsung. Selama dua tahun berjalan dalam status beta, Keepo sempat mengukir prestasi dengan meraih peringkat tiga Best Portal Cover Design dalam ajang Batik Day, menjadi finalis dalam ajang IdByte 2013, dan terakhir menjadi runner  up dalam ajang World Summit Youth Award 2013.

Dikutip dari halaman About Us-nya, Keepo yang dikembangkan oleh tim Chilikode memiliki visi untuk  mengembangkan industri media dan jurnalisme, khususnya di Indonesia. Keepo ingin menjadi tempat yang efektif bagi media kecil, penulis, dan jurnalis muda untuk mengembangkan media mereka, serta memberi ruang bagi anak muda untuk speak out, beropini, dan mengungkap fakta.

"Ada banyak publisher potensial di Indonesia, namun (mereka) kesulitan untuk berkembang atau bahkan tidak ada yang tahu bahwa mereka ada. Nah dari sini terlintas di pikiran kita, bagaimana caranya membuat para publisher independen ini bisa berkembang dan orang tahu bahwa mereka sebenarnya exist?" ujar Willy.

Lebih lanjut dia menjelaskan, "Kami berpikir tentang rumah, sebuah tempat di mana semua publisher independen di Indonesia berkumpul jadi satu (pembaca akan lebih mudah mencari di satu tempat dari pada harus berkunjung lintas blog), lalu bersama-sama membuat konten yang bermutu, dan mengundang readers datang."

Willy mengungkapkan bahwa saat ini member Keepo sudah terkumpul hingga 9000 orang, tetapi sayangnya hanya sekitar 10-20% yang benar-benar aktif. Willy juga menjelaskan bahwa saat ini mereka sedang menyiapkan strategi dan juga fitur baru untuk mengatasi masalah tersebut.

Terkait target pasarnya, Keepo membidik independent publisher dan blogger yang berusia antara 15-30 tahun karena konten favorit mereka adalah konten yang ringan dan mudah untuk dicerna, tapi tetap dapat menambah pengetahuan. Sedangkan untuk model bisnis, Willy menjelaskan bahwa Keepo punya empat model bisnis, yaitu content marketing, sponsorship, native advertisement, dan revenue sharing.

Selain melepas status beta, target Keepo di tahun 2015 adalah mendapatkan 10 juta monthly traffic, 50.000 pengguna baru, dan 500 independent publisher. Keepo juga akan meluncurkan beberapa fitur baru yang bakal menjadi fitur unggulan dan juga aplikasi mobile di tahun 2015 nanti.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again