1. Startup

Jolicloud Segera Rilis Versi 1.1 Serta Siapkan 'Jolicloud Netbook'

Jolicloud kini sedang mempersiapkan merilis versi OS cloud mereka yang terbaru, yaitu versi 1.1 yang dikabarkan akan dirilis pada bulan November 2010. Jolicloud merupakan OS berbasis Linux yang pada awalnya diluncurkan untuk menyediakan OS bagi para pengguna netbook.

Jolicloud 1.1 merupakan versi pembaruan dari Jolicloud 1.0, seperti yang dijelaskan pada blog mereka, jika Jolicloud 1.0 berfokus pada pengalaman antar muka serta HTML5 Launcher yang baru, yang bisa dinikmati di Jolicloud, maka Jolicloud 1.1 adalah tentang perbaikan sistem, performa serta pengalamanan penggunaan atas produk itu sendiri.

Jolicloud 1.1 juga tidak lagi tersedia 'eksklusif' hanya untuk netbook, tetapi bisa diinstal pada desktop atau laptop, bahkan tablet. Untuk versi 1.0, saya sendiri menginstal Jolicloud ini di desktop dan berjalan cukup baik. Versi 1.1 akan berfokus pada penyediaan fitur yang banyak diminta oleh para konsumen Jolicloud, antara lain ketersediaan Jolicloud yang bisa di instal di perangkat manapun, proses boot yang lebih baik, dukungan atas HD dan flash yang lebih baik, serta dukungan atas pemakaian baterai yang lebih baik, dimana pengembangan akan dilakukan agar penggunaan baterai tahan lebih lama ketika menggunakan Jolicloud 1.1.

Selain mempersiapkan rilis versi 1.1, Jolicloud juga dikabarkan akan merilis Netbook mereka sendiri. Seperti yang dituliskan TechCrunch, founder Jolicloud Tariq Kim, lewat akun Twitter-nya mempublikasikan beberapa foto yang menampilkan persiapan peluncuran Jolicloud 1.1 beserta sebuah netbook yang terlihat seperti netbook resmi dari Jolicloud.

TechCrunch juga menyebutkan bahwa Jolicloud melakukan kerja sama dengan pabrikan perangkat keras untuk mengembangkan sebuah netbook dimana OS Jolicloud telah 'ditanamkan' pada netbook ini yang akan dipasarkan untuk menyasar konsumen dalam batas umur 12-25 tahun.

Kerja sama antara Jolicloud dengan pabrikan ini juga ditegaskan oleh Engadget, Jolicloud mengkonfirmasi bahwa mereka akan membuat netbook dengan layar 10.1 inci. Engadget juga menjelaskan bahwa, meski belum ada detail resmi yang bisa dituliskan namun netbook ini setidaknya akan memiliki VGA port serta beberapa USB sockets.

Jolicloud tentu saja akan punya saingan yang cukup berat, yaitu Google yang akan segera merilis Chrome OS mereka, yang juga menyasar para pengguna netbook, tidak hanya itu saingan untuk netbookpun kini telah bermunculan, berbagai perangkat tablet juga bisa 'menggantikan' kebutuhan akan netbook, meski kini Jolicloud juga bisa digunakan di perangkat selain netbook, namun tablet yang rata-rata telah memiliki OS sendiri.

Tetapi perkembangan dari Jolicloud ini tetap menarik, apalagi kini banyak aplikasi web yang memang dimaksimalkan fungsinya untuk selalu terkoneksi dengan internet, Jolicloud juga telah memiliki semacam toko aplikasi dimana kita bisa melihat berbagai daftar ketegori aplikasi dan menambahkannya pada Jolicloud di komputer pengguna. Dengan pertumbuhan toko aplikasi web serta penyedia layanan distribusi aplikasi web, menjadi menarik juga jika Jolicloud akan memungkinkan kerja sama dengan toko aplikasi diluar Jolicloud untuk menambah koleksi aplikasi mereka.

Versi awal Jolicloud 1.1 untuk para beta tester akan dirilis dalam beberapa minggu ke depan, dan jika Anda ingin melihat beberapa informasi under the hood dari Jolicoud 1.1, bisa melihatnya pada tautan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again