1. Startup

Jam Makan Siang? Lihat "Makan Di Mana" Dulu

Salah satu aplikasi yang akan membantu Anda saat memilih tempat makan siang adalah Makan Di Mana yang dikembangkan oleh PT Agranet Multicitra Siberkom, alias pemilik portal berita kondang Detik.com. Saat ini baru tersedia untuk platform iOS (iPhone), aplikasi yang tersedia secara gratis ini menawarkan daftar restoran/tempat makan hampir seantero Indonesia. Memang kebanyakan informasinya masih di seputaran Jakarta dan kota-kota besar di Pulau Jawa, tapi jika Anda cek daftar di kota-kota lainnya pun juga sudah ada yang terdaftar, misalnya di Banda Aceh ataupun di Ambon.

Ada lima buah fitur utama di aplikasi ini, yaitu Promo, Terdekat, Area & Kategori, Tanya @ Bondan dan Rekomendasi. Dari kelima menu tersebut, fitur Terdekat adalah yang paling berguna untuk saya saat ini. Mengambil informasi lokasi Anda saat ini, saat percobaan aplikasi ini akan memberikan rekomendasi berbagai restoran dalam radius 2 km. Jika diklik lebih jauh, akan diberikan detik informasi soal venue bersangkutan, misalnya alamat lengkap dan nomor telepon. Sayangnya, tab menu yang tersedia masih belum selalu memuat makanan apa saja yang disediakan di venue terkait.

Untuk Promo, ini juga akan menjadi menarik jikalau sudah banyak informasi Promo yang diberikan berbasiskan lokasi terdekat. Promo ini selain mencantumkan informasi kartu kredit akan lebih menarik lagi jika bekerja sama dengan situs daily deals yang sudah ada, sehingga akan lebih mudah memanfaatkan kupon promo karena tidak perlu lagi repot-repot membuat aplikasi daily deals sendiri. Saya menunggu jika ada situs daily deals terkait yang mau mengambil kesempatan baik ini.

Fitur Area & Kategori memuat secara lengkap informasi restoran secara keseluruhan. Ini sangat berguna jika Anda mencari suatu venue berdasarkan jenis makanan ataupun mencari suatu restoran jika bepergian ke luar kota misalnya. Yang pasti, daftar makanan yang ada di aplikasi ini jauh lebih banyak dari situs informasi serupa yang telah ada, meskipun bukan berasal dari user generated contents.

Dua fitur tambahan aplikasi ini adalah Rekomendasi dan Tanya @ Bondan. Yang pertama adalah kumpulan rekomendasi berdasarkan tulisan yang sudah dimuat di DetikFood sebagai kanal informasi makanan Detik.com. Yang kedua tentunya sudah familiar untuk Anda, Bondan Winarno selaku advisor di DetikFood (juga pendiri komunitas Makansutra) juga berpartisipasi di aplikasi ini. Sayangnya bentuk partisipasinya berupa pertanyaan ke akun Twitter-nya dan akan bercampur dengan tulisan tweet-nya yang lain. Menurut saya sebagai ikon kuliner, Pak Bondan sebaiknya diberikan kanal komunikasi sendiri yang didedikasikan untuk menjawab segala macam pertanyaan yang hadir melalui aplikasi ini.

Ada sejumlah redundansi yang saya temukan dalam daftar restoran di aplikasi ini, yaitu sejumlah restoran di sejumlah kota tercantum dua kali. Tapi saya rasa ini sesuatu yang minor dan bisa cepat dibetulkan di versi pembaruan selanjutnya. Diharapkan pula untuk pengembangan ke depannya, platform yang didukung tidak hanya iOS, tetapi juga BlackBerry, Android ataupun Symbian untuk memperluas pasar pengguna.

Jadi sudah hampir jam makan siang kan sekarang, saatnya cek aplikasi ini di iPhone Anda dan tentukan tempat makanan paling tepat untuk memuaskan hasrat kuliner hari ini!

Update: Sudah tersedia pula aplikasi Makan Di Mana di Android Market dengan fitur serupa yang dapat diinstalasi untuk Android versi 1.5 ke atas. Terima kasih Andri.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again