21 February 2013

by Amir Karimuddin

iPhone 5 adalah Smartphone Paling Laris Kuartal Empat 2012

Strategy Analytics mengumumkan hasil risetnya bahwa iPhone 5 buatan Apple menjadi smartphone paling laris secara global di kuartal keempat (Q4) 2012. Duduk di posisi kedua adalah saudaranya, iPhone 4S, diikuti oleh saingan terdekatnya Samsung Galaxy S III di posisi ketiga. Pengiriman tiga seri smartphone tersebut menguasai 27% penjualan smartphone dunia di periode tersebut.

iPhone 5 diperhitungkan berhasil dikirim sebanyak 27.4 juta unit. Hasil ini disusul oleh iPhone 4S yang terkirim sebanyak 17.4 juta unit, sementara Galaxy S III "hanya" terkirim sebanyak 15.4 juta unit. Di kuartal sebelumnya, S III sempat mengalahkan iPhone 4S karena pasar menunggu-nunggu pengumuman iPhone 5.

Konstelasi ini bakal terus berubah mengingat tanggal 14 Maret ini Samsung dirumorkan untuk memperkenalkan penerus S III, Galaxy S IV. Meskipun demikian, diprediksikan bahwa pembuat smartphone yang lain bakal tetap kesulitan untuk menembus tiga besar (di sisi pengiriman) dari dua pembuat smartphone terbesar saat ini.