22 November 2012

by Amir Karimuddin

iPhone 5 Dikabarkan Hadir di Indonesia Pertengahan Desember, Harga Lebih Mahal (UPDATED)

Sudah bosan menunggu iPhone 5 untuk benar-benar hadir di Indonesia? Di awal kehadirannya, kami sempet mengutip kata-kata petinggi perusahaan telekomunikasi di Indonesia kalau seri iPhone terbaru ini bakal hadir bulan Desember. Nah, sebentar lagi kan bulan Desember, jadi kapan iPhone dengan layar berukuran 4 inci ini benar-benar datang ke Indonesia?

Beberapa sumber menyebutkan 15 Desember sebagai tanggal peluncurannya. Tanggal 15 Desember adalah hari Sabtu, hari yang pas untuk peluncuran gadget baru. Tapi tanggal ini aja bergeser seminggu sebelum atau sesudahnya. Kemungkinan besar tidak ada pre-order, atau pre-order baru dilakukan di menit-menit terakhir. Toh iPhone sendiri, karena segmen harganya, tidak laku-laku amat di sini.

Nah, soal harga, menurut sejumlah distributor harga iPhone 5 akan sedikit lebih mahal ketimbang pendahulunya. Ini mengkukuhkan iPhone sebagai segmen yang semakin niche di Indonesia, terutama di saat Android berspesifikasi bagus mulai muncul di kisaran harga di bawah Rp 2 juta. Saya tidak punya data pasti soal kepemilikan iPhone di Indonesia, tapi prediksi saya angka tidak akan melebihi 1-1.5 juta unit.

iPhone 5 mengusung sejumlah pembaruan di sisi hardware. Selain layar empat inci, juga menggunakan nano-SIM (yang sudah tersedia) dan konektivitas LTE. Meski layar bertambah besar, beratnya malah jauh lebih ringan ketimbang iPhone 4S. Diumumkan bahwa penjualan iPhone 5 selama akhir pekan peluncurannya mencapai angka 5 juta unit.

Saat ini partner penjualan iPhone di Indonesia adalah Telkomsel, XL Axiata dan Indosat.

Update: kami mendapatkan gambar goodie bag iPhone 5 Indosat yang mengkonfirmasi peluncurannya memang tidak lama lagi.