24 October 2012

by Amir Karimuddin

iPad Mini Resmi Diluncurkan

Apple akhirnya memperkenalkan salah satu device yang menjadi kehebohan tahun ini selain iPhone 5. iPad mini, begitu nama resminya, memiliki ukuran 7.9 inci dengan resolusi serupa iPad 2 -- 1024 x 768 piksel. iPad mini memiliki ketebalan 7.2 mm dengan berat hanya 0.68 pounds (sekitar 300 gram). iPad mini ditawarkan mulai $329 untuk versi Wi-Fi dan $459 untuk versi Wi-Fi+seluler.

Tentu saja dengan ukuran resolusi serupa iPad 2, tidak perlu adjustment macam-macam bagi developer untuk menyesuaikan produknya. Seluruh 275 ribu aplikasi bisa dijalankan dengan normal di iPad mini.

Apple iPad mini menggunakan prosesor dual core A5, Lightning port, FaceTime HD camera untuk kamera depan, iSight 5 megapiksel untuk kamera belakang dan dukungan terhadap LTE. Battery life yang diharapkan tidak beda jauh dengan iPad seri lainnya.

iPad mini bakal memulai pre-order tanggal 26 Oktober dan mulai dikirim tanggal 2 November. Selain di Amerika Serikat, iPad mini juga langsung tersedia serentak di berbagai negara, termasuk Australia, Jepang, Korea, Hong Kong dan Singapura untuk kawasan Asia Pasifik.

[sumber gambar]