1. DScovery

Ini Lima Tracker Email Tools yang Dapat Membantu Mengoptimalkan Informasi Performa Email Marketing Anda

Email tracker memiliki fungsi yang krusial dalam menjalankan upaya marketing di ranah email dewasa ini

Sekarang ini, software pelacak email (email tracker) menjadi alat penting untuk memantau lalu lintas email, baik untuk keperluan pribadi, perusahaan, ataupun bisnis. Alat penunjang email ini menjadi andalan dalam mengawasi proses pengiriman email.

Dalam menjalankan kampanye pemasaran melalui email, software pelacak ini memudahkan Anda untuk mengetahui penerima yang aktif dan yang tidak, membersihkan kontak yang tidak responsif, menyesuaikan subjek email, serta mengembangkan strategi pemasaran email.

Software pelacak email ini juga memungkinkan Anda untuk melihat seberapa banyak email kampanye pemasaran Anda yang dibuka dan memantau tautan di email serta interaksi penerima dengan email tersebut. Berikut ini adalah lima software email tracker gratis yang dapat dijadikan pertimbangan Anda.

MailTrack

MailTrack adalah software pelacak email yang banyak digunakan, dengan pengguna lebih dari 2 juta. Software ini menunjukkan dua tanda centang jika email Anda sudah dibaca oleh penerima. Berikut langkah-langkah menggunakan ekstensi Chrome MailTrack:

  • Buka Chrome Web Store, cari "MailTrack".
  • Pasang ekstensi MailTrack.
  • Klik "Connect with Google" untuk menghubungkan extension dengan akun Gmail Anda.
  • Setelah terpasang, kirim email seperti biasa. MailTrack akan melacak email Anda secara otomatis.
  • Mulai pelacakan email dengan mengklik folder "Sent Emails".

SONAR by MTARGET

SONAR by MTARGET adalah layanan pelacakan email online dari platform pengiriman email terkemuka. Anda dapat melihat kapan email dibaca dan melakukan pelacakan kapan pun dengan ekstensi Chrome SONAR by MTARGET. Layanan ini juga bisa digunakan sebagai alat pemasaran email.

SONAR by MTARGET tersedia dalam bentuk chrome extension, yang bisa Anda mulai manfaatkan dengan langkah sebagai berikut:

  • Buka Chrome Web Store, cari dan ketik “SONAR” 
  • Klik dan lanjutkan pemasangan chrome extension SONAR by MTARGET
  • Buat email marketing Anda seperti biasa, dan tekan ‘kirim’. SONAR akan secara otomatis melakukan pelacakan email.
  • Anda dapat memulai pelacakan email dengan mengklik folder “Sent Emails”.
  • Jika Anda mendapatkan icon garis putus-putus berwarna abu-abu artinya email yang Anda kirimkan belum dibaca.
  • Jika Anda mendapatkan icon dua tanda centang berwarna abu-abu artinya email yang Anda kirimkan belum dibuka oleh penerima.
  • Jika Anda mendapatkan icon dua tanda centang berwarna biru artinya email yang Anda kirimkan sudah dibuka dan dibaca oleh penerima.

SONAR by MTARGET dapat diunduh dan digunakan secara gratis, dan tidak memiliki batasan dalam pelacakan email journey bisnis Anda.

Snov.io

Unlimited Email Tracker by Snov.io adalah software pelacak email dengan pengguna mencapai 100 ribu. Anda dapat melacak apakah email sudah dibaca oleh penerima atau belum dengan ekstensi Chrome Snov.io.

Streak

Streak adalah software pelacak email yang juga menyediakan ekstensi Customer Relationship Management (CRM), yang banyak digunakan oleh tim penjualan.

HubSpot Sales

HubSpot Sales adalah software pelacak email yang sering digunakan oleh tim penjualan. Software ini juga menyediakan fitur lain seperti CRM untuk Gmail, pembuatan template email yang bisa dibagi, penjadwalan pertemuan, dan tersedia untuk diunduh di aplikasi mobile seperti iOS & Android.

Di era digital saat ini, penggunaan layanan pelacak email atau email tracker menjadi unsur yang krusial dalam strategi digital marketing. Alat ini tidak hanya membantu memantau apakah email telah dibaca atau belum, tetapi juga memberikan insight tentang perilaku penerima email, seperti waktu pembukaan email, frekuensi klik pada tautan, dan tingkat interaksi mereka dengan konten yang dikirimkan.

Dengan memanfaatkan email tracker, perusahaan dapat memahami lebih baik tentang keterlibatan audiens dan menyesuaikan strategi email marketing mereka secara real-time. Data yang dikumpulkan dari proses pelacakan email ini memberikan gambaran yang lebih detail dan akurat tentang minat, preferensi, dan pola perilaku pengguna, yang tentunya sangat berharga bagi tim pemasaran dalam merancang kampanye yang lebih efektif dan personal.

Selain itu, email tracker juga berfungsi sebagai indikator penting dalam menilai efektivitas suatu kampanye email marketing. Pengukuran kinerja ini mencakup frekuensi email dibuka, waktu pembukaan, dan tingkat klik (click-through rate), yang semua itu memberikan petunjuk bermanfaat untuk peningkatan strategi di masa mendatang.

Jadi, dalam konteks digital marketing, penggunaan layanan pelacak email merupakan elemen esensial yang tidak hanya memaksimalkan penyebaran informasi, tetapi juga memungkinkan interaksi yang lebih baik dan pengambilan keputusan yang lebih kaya informasi bermanfaat. Dalam persaingan bisnis di era digital yang semakin ketat ini, alat semacam ini dapat menjadi penentu keberhasilan suatu kampanye dan pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.

Segera mulai terapkan email tracker pada kampanye email marketing Anda. Untuk mencobanya lebih lanjut, Anda bisa kunjungi halaman ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again