1. Startup

Infoll: Beta Test Tampilan Layanan Mobile dan Format Final Untuk Layanan di Twitter

Setelah berita tentang perubahan format serta pengembangan tampilan website mobile awal Desember lalu, Infoll resmi umumkan format baru untuk layanan mereka via Twitter serta lakukan beta test untuk tampilan mobile situs mereka.

Infoll merupakan kependekaan dari Info Lalu Lintas, sebuah layanan user generated yang berisi informasi tentang keadaan lalu lintas di kota besar di Indonesia.

Format baru untuk layanan Infoll di Twitter yang dimumumkan awal Januari lalu oleh Infoll adalah penyederhanaan format dari yang 8 format menjadi 5, format untuk laporan konsisi lalu lintas seperti, lancar, ramai lancar, padat dan macet serta format untuk bertanya tentang kondisi lalu lintas di area tertentu.

Seperti yang dijelaskan di blog mereka, perubahan final format ini dilakukan dengan beberapa alasan, yaitu penyeragaman bentuk untuk memudahkan server membaca format Tweet dan menjamin keteraturan timeline, penghematan jumlah karakter, lebih intuitif, serta untuk melepaskan ketergantungan dengan pihak ketiga. Contoh format sebagai berikut, misalnya untuk lapor kondisi lalu lintas padat/medium traffic: @infoll jkt-bintaro-sudirman:!! macet tersendat.

Untuk informasi lengkap tentang perubahan format baru layanan Infoll via Twitter bisa dilihat pada tautan ini.

Sedangkan untuk tampilan websitemobile Infoll, seperti screenshot yang pernah ditampilkan di DailySocial, tampilan baru Infoll akan didominasi dengan 4 warna untuk menunjukan tingkat kemacetan yang terjadi di area tertentu.

Kebetulan DailySocial diperbolehkan untuk mencoba tampilan baru ini, dan saya dengan senang hati langsung mencobanya. Ada empat menu utama ketika Anda mengakses tampilan situs mobile Infoll yang baru, menu untuk melihat timeline, untuk request kabar lalu lintas, melaporkan kondisi lalu lintas, serta mengatur profil. Jika Anda tidak melakukan login maka Anda hanya bisa melihat dua menu, timeline dan request.

Fasilitas utama yang tersedia pada website mobile dari Infoll yang baru ini adalah format baru penggunaan, dimana ada dua fungsi utama informasi yaitu request (bertanya) yang memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan seputar kondisi lalu lintas, yang kemudian bisa di jawab oleh pengguna lain yang berada di area yang sama, satu lagi informasi report (laporan) bagi pengguna yang ingin memberitahukan kondisi lalu lintas di area tertentu.

Untuk informasi yang bentuknya laporan, dilengkapi dengan 4 warna sebagai sarana untuk mengkategorikan level kemacetan, lengkap juga dengan 'tanda baca' untuk masing-masing level kemacetan. Ini tentu saja akan memudahkan pengguna untuk melihat kondisi lalu lintas, misalnya warna merah berarti macet dan hijau berarti lancar.

Kemudahan laporan lalu lintas juga disediakan untuk informasi kota, pengguna cukup mengatur lokasi dimana akan melaporkan kondisi kemacetan, nantinya akan ada keterangan kotak di bagian ujung bar informasi lalu lintas di timeline Infoll yang menampilkan keterangan kota dimana informasi lalu lintas itu berada, pengguna tidak perlu menuliskan nama kota dimana kita berada, cukup pilih dari tiga pilihan kota (saat ini tersedia untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya).

Selain laporan tentang kondisi lalu lintas, pengguna yang ingin meminta informasi kondisi jalan juga bisa melakukannya di menu report ini, selain 4 warna untuk mengkategorikan kemacetan, pilihan warna biru dengan keterangan 'tanda baca' ? yang berfungsi untuk menanyakan kondisi lalu lintas, caranya pilih kota, tuliskan nama daerah lalu klik pilihan request maka nantinya post Anda ini akan masuk ke kategori request, dimana pengguna lain bisa bisa menjawabnya secara langsung.

Terus terang saya suka dengan format baru serta tampilan situs mobile Infoll yang baru ini, intinya bagi saya adalah memudahkan untuk membaca dan memberikan informasi tentang lalu lintas, baik itu melaporkan sendiri atau mencoba menjawab pertanyaan pengguna lain, fitur yang disatukan dalam satu menu pilihan membuatnya semakin menyenangkan untuk membagi informasi.

Memang format ini bisa jadi akan butuh pengenalan lebih jauh, permasalahan adaptasi tentu akan selalu muncul ketika perubahan terjadi, informasi tentang kategori kemacetan juga tersedia di bagian bawah, jadi jika Anda baru pertama kali melihat tampilan website mobile Infoll yang baru ini, Anda mungkin akan bertanya-tanya dulu tentang warna-warna di timeline dan ketika scroll ke bawah, keterangan tentang warna ini baru tersedia.

Dan untuk format baru dari Twitter, perubahan format final juga akan mendukung tampilan baru website mobile Infoll, semacam terintegrasi, salah satu contohnya, pengguna yang lapor atau melakukan request dari Twitter dengan format baru ini, tweet akan diteruskan ke websitemobile Infoll yang baru dan hampir realtime, saya mencoba dua kali, ketika melakukan refresh timeline, lapor/request saya sudah muncul. Meskipun untuk format lapor/request dari websitemobile Infoll memang tidak diteruskan ke Twitter.

Untuk format baru layanan Infoll di Twitter, seperti yang dijelaskan diatas udah bisa dijalankan oleh pengguna, sedangkan untuk tampilan baru website mobile Infoll, dari informasi yang didapatkan DailySocial, baru akan dirilis secara resmi untuk publik minggu depan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again