1. Lifestyle

IDC: Samsung dan Apple Kuasai Penjualan Smart Connected Device Tahun 2012

IDC merilis laporannya tentang smart connected device, suatu istilah yang mereka gunakan untuk menyebut gabungan kategori komputer desktop, notebook, tablet dan smartphone. Dari 1.2 miliar unit device yang terjual sepanjang 2012, smartphone menguasai 60% di antaranya, dengan tablet menjadi kategori dengan pertumbuhan paling pesat. Seperti diprediksikan, Samsung dan Apple kembali menjadi produsen yang dominan.

Secara total, Samsung dan Apple menguasai hampir 40% total pasar smart connected device, dengan Samsung unggul tipis terhadap Apple baik secara total di tahun 2012 maupun di kuartal terakhir 2012. Peringkat berikutnya secara berturut-turut adalah Lenovo, HP dan Dell -- semuanya adalah jawara penjualan PC. Meskipun demikian, Dell mengalami penurunan di kuartal terakhir 2012 dan khusus untuk periode tersebut peringkatnya digeser oleh Sony yang semakin maju dengan smartphone-nya.

Data yang dikumpulkan oleh IDC juga secara jelas menunjukkan penurunan penjualan desktop dan notebook yang mulai signifikan. Sepanjang tahun 2012, penjualan desktop mengalami penurunan sebesar 4.1%, sementara pasar notebook (portable) turun 3.4%.

Berikut ini adalah data lengkapnya:

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again