5 November 2012

by Amir Karimuddin

IDC: iPad Masih Kuasai Pasar Tablet, Android Meningkat Pesat

Setelah merilis perhitungannya tentang pasar smartphone global, kali ini IDC merilis kalkulasinya tentang marketshare tablet di kuartal ketiga 2012. Secara umum hanya ada dua pemain di sini. Satu adalah iPad yang menggunakan iOS dan sisanya menggunakan Android. Meskipun iPad masih mendominasi, tapi tablet berbasis Android makin meningkatkan penjualannya.

Menurut data kuartal ini, iPad terjual sebanyak 14 juta unit atau menguasai 50.4%. Pangsa pasar ini turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai hampur 60%, meskipun secara penjualan jumlahnya terus naik. Posisi kedua ditempati oleh Samsung yang mengadalkan Galaxy Note 10.1 dan Galaxy Tab dengan penjualan 5.1 juta unit (18.4%). Posisi ketiga dan keempat masing-masing diduduki oleh Amazon (Kindle Fire dan Kindle Fire HD) dan Asus (Nexus 7) dengan penjualan hampir sama, 2.5 juta dan 2.4 juta unit.ย Bulan ini saja Nexus 7 sudah terjual sebanyak 1 juta unit.

Tentu saja data ini belum mencakup penjualan terbaru Apple yang memulai debut iPad mini-nya. Di tiga hari akhir pekan lalu, iPad mini dan iPad generasi keempat berhasil terjual sebanyak tiga juta unit. Selain itu ada pemain terbaru, yaitu Microsoft Surface yang menggunakan Windows RT, yang datanya juga baru masuk saat musim liburan akhir tahun ini.