1. Startup

Hovercards: Fitur Baru Dari Twitter

Tanggal 3 Februari waktu US, Twitter mengumumkan sebuah fitur baru bernama Hovercards. Twitter menulis di blog mereka, fitur ini menawarkan sebuah UI baru bagi para tweeters yang memungkinkan user melihat profile user lain langsung dari time line Twitter anda.

Fitur ini belum berjalan untuk semua user, hanya user Twitter tertentu saja, like Twitter always do, untuk fitur yang baru diluncurkan.

Hovercards akan berfungsi ketika anda menggerakkan kursor pada avatar user lain atau nama user setelah simbol @, nantinya akan ada pop up kecil atau yang dinamakan card yang berisi keterangan tentang user tersebut.

Salah satu alasan kenapa Twitter meluncurkan fitur ini dikarenakan banyak user yang menggunakan Twitter untuk membaca dan menulis tweets, jika kita ingin melihat profil seseorang kita harus mengklik avatar atau nama user tersebut dan membuka tab baru. Fitur ini berfungsi untuk memotong beberapa langkah tersebut, sehingga user bisa tetap membaca tweet di timeline mereka, sambil melihat profil serta berinteraksi dengan user lain.

Selain itu Hovercards memungkinkan anda untuk mengirimkan DM kepada orang yang anda follow, karena Hovercards menyediakan pop up tambahan yang akan menyediakan informasi lain yang lebih lengkap.

Saya sendiri merasa fitur ini agak telat muncul, karena bagi saya dan mungkin juga anda yang menggunakan aplikasi pihak ketiga atau Twitter client seperti HootSuite, misalnya, fungsi ini sudah lama muncul, tentu dengan format yang berbeda tapi fungsinya sama, misalnya di HootSuite ketika anda mengklik nama user atau avatar mereka akan muncul pop up kotak kecil yang berisi profil user, termasuk fitur untuk follow, unfollow, DM, reply dan Add To List, juga berbagai informasi lain seperti data alamat situs user tersebut jika mereka mengisinya di profil Twitter mereka.

So what so special dengan fitu baru ini? Salah satu dari sedikit kelebihan yang bisa saya lihat adalah, fitur ini akan sangat berguna bagi mereka yang menggunakan Twitter lewat web mereka dalam berinteraksi dengan relasi mereka alih-alih twitter client. Mereka yang fanatik menggunakan aplikasi Twitter di Web atau belum terbiasa dengan aplikasi pihak ketiga, saya pikir akan sangat senang dengan fitur ini.

Atau, bisa jadi Twitter ingin menyasar pada new user yang baru saja menemukan Twitter dan mulai keranjingan untuk menggunakan fasilitas ini. Saya setuju dengan artikel di  The Next Web yang membahas tentang fitur baru ini, fitur Hovercards baru saja diluncurkan, dan masih untuk pengguna terbatas, tapi fitur ini merupakan salah satu indikasi bagi Twitter, bahwa mungkin saja mereka akan meluncurkan fitur-fitur lain yang membantu para pengguna mereka untuk memaksimalkan dalam berinteraksi menggunakan Twitter, terutama untuk tweeters yang menggunakan web Twitter.

Bagaimana dengan anda, apakah anda termasuk salah satu pengguna yang diberi kesempatan untuk menggunakan fitur ini, jika iya anda bisa memberikan pendapat anda pada kolom komentar. Atau anda punya pendapat lain tentang fitur dari twiiter ini, anda juga bisa membaginya untuk para pembaca DailySocial lainnya dengan menuliskan komentar anda pada kolom komentar.

Screenshoot diambil dari blog Twitter

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again