1. Startup

HootSuite Mulai Perhatikan Pengguna di Indonesia (Updated)

Sudah cukup lama saya tidak menuliskan tentang HootSuite, salah satu layanan social media dashboard yang bisa digunakan untuk memantau, melakukan post dan melihat data statistik dari berbagai jejaring sosial, termasuk Twitter, Facebok dan Facebok Pages, LinkedIn dan Foursquare.

Saya sendiri pengguna HootSuite sejak lama dan sekarang menggunakan akun pro (berbayar), meski sering juga menggunakan layanan sejenis lain seperti TweetDeck atau Seesmic dan beberapa layanan lain.

Baru-baru ini saya mendapatkan email dari salah seorang karyawan HootSuite, Stephanie Wiriahardja yang bertugas di Marketing Department, dan menangani komunitas Indonesia (menjalin hubungan dengan pengguna media sosial di Indonesia) serta proyek penerjemahan untuk HootSuite di berbagai aplikasi. HootSuite sendiri berbasis di Vancouver, Kanada.

Email ini menarik bagi saya karena pertanyaan yang muncul di kepala saya, apakah HootSuite sudah hadir di Indonesia?

Ternyata mereka belum hadir di sini, dalam artian memiliki kantor perwakilan atau karyawan khusus yang berbasis di Indonesia, HootSuite juga belum berencana untuk berekspansi ke negara lain, setidaknya itu yang saya tangkap dari perbincangan lewat email dengan Stephanie. Namun HootSuite ingin meningkatkan tingkat penggunaan di wilayah lain, termasuk Indonesia, mereka juga sedang mempersiapkan sebuah acara meetup informal bernama HootUp yang jika tidak ada halangan akan diadakan bulan Oktober. Untuk tempat dan tanggal, pantau terus DailySocial.

Pengguna Indonesia sendiri dikatakan masih sedikit, serta belum masuk ke 10 negara dengan pengguna paling banyak (lihat gambar - data November tahun lalu), yang berarti acara meetup ini juga untuk memperkenalkan secara lebih dekat berbagai layanan HootSuite dengan pengguna di sini. Kita semua tahu bahwa media sosial dan penggunaannya, termasuk berbagai aplikasi dan layanannya, sangat tinggi di Indonesia, baik secara individual maupun perusahaan (brand atau agensi). Bisa jadi HootSuite juga tertarik dengan pasar di Indonesia.

HootSuite kini telah mencapai pengguna sebanyak lebih dari 2 juta serta baru-baru ini mendapatkan dana sebesar $3M, dan mereka kini mulai memberikan perhatian untuk negara tertentu secara lebih spesifik, dengan berbagai program seperti engagement, write blogs, info sheets, translations, etc. 

Acara meetup nanti juga lebih pada pertemuan para pengguna HootSuite yang rencananya juga akan menghadirkan beberapa pembicara yang membagikan pengalaman mereka, baik di bidang media sosial maupun penggunaan HootSuite.

Seperti halnya beberapa layanan populer di Indonesia, misalnya yang baru-baru ini diterjemahkan ke bahasa Indonesia yaitu Foursquare, HootSuite juga sepertinya tidak mau ketinggalan, meski saat ini proses penerjemahan masih sangat terbatas (minat publik untuk menjadi relawan penerjemahan juga rendah).

Sebagai pengguna HootSuite, tentunya saya akan mencoba datang ke acara HootUp nanti, yang sepertinya tidak hanya akan dijalankan di satu kota saja, dan di sisi lain, tentunya cukup menarik untuk melihat strategi apa yang akan dilakukan HootSuite, terutama untuk pasar Indonesia, baik dari segi adaptasi konsumen maupun persaingan, karena sepengetahuan saya, ada beberapa layanan lokal (yang biasanya digunakan brand atau agensi) yang memiliki beberapa fasilitas yang serupa dengan HootSuite.

Mari kita tunggu info selanjutnya dari acara HootUp serta strategi HootSuite di Indonesia.

Update: ini dia desain Owl - maskot HootSuite untuk Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again