1. Startup

Hari Pertama Aplikasi di Mac App Store Mencapai Satu Juta Unduhan dan Twitter Aplikasi Gratis Paling Populer

Hari pertama setelah diluncurkan, jumlah aplikasi yang diunduh oleh para pengguna Mac dari Mac App Store telah mencapai lebih dari satu juta aplikasi, baik itu aplikasi berbayar maupun gratisan.

Mac App Store sendiri merupakan toko aplikasi dari Apple yang bisa diakses langsung dari Mac, yang sampai saat ini menyediakan lebih dari 1.000 aplikasi dari berbagai kategori mulai dari permainan, bisnis, edukasi, hiburan, fotografi, jejaring sosial, musik dan berbagai kategori lain. Pengguna bisa membeli aplikasi berbayar atau unduh-instal aplikasi gratisan dengan menggunakan akun iTunes yang sama, yang digunakan di iPhone, iPad, iPod Touch.

Steve Jobs sendiri amazedatas respon para pengguna Mac ini dan mengatakan bahwa para pengembang telah menjalankan kinerja yang sangat baik dalam menyediakan aplikasi di App Store, pengguna juga merasakan kemudahan yang ditawarkan dari Mac App Store.

Berikut daftar aplikasi berbayar paling populer di Mac App Store (sampai tulisan ini ditulis):  Angry Birds, Chopper 2, iPhoto, Keynote, Pinball HD, FBContacts, Pages, Numbers, FaceTop, Victory March.

Dan berikut daftar aplikasi gratisan paling populer: Twitter, Solitaire Greatest Hits, SketchBook Express, Translator Free, Evernote, MindNode for Mac, VirusBarriers Express, Guidance, Mashable! for Mac, SoundCloud.

Salah satu aplikasi gratis paling populer adalah Twitter untuk Mac. Twitter untuk Mac ini dikembangkan dari aplikasi Tweetie untuk Mac yang dibuat oleh Atebits yang telah diakuisisi Twitter, jadi tampilannya memang hampir sama, namun tentunya dengan beberapa pembaruan.

Tampilan Twitter untuk  Mac ini menurut saya agak mirip dengan Echofon, bedanya Twitter untuk Mac menempatkan menu dibagian kiri (sidebar) sedangkan Echofon di bagian atas. Untuk urusan UI juga cukup nyaman, seperti warna hitam transparan dengan elemen biru untuk ikon menu yang sedang di akses.

Anda bisa menggunakan shortcut untuk mengakses beberapa fitur seperti untuk membuka kotak Tweet, mengirimkan DM atau melakukan pencarian pengguna secara langsung. Anda juga bisa menambahkan beberapa akun, mengatur notifikasi, layanan foto yang bisa diakses dari menu preference. Twitter untuk Mac ini juga menyediakan fasilitas user stream API untuk realtime update serta pemendek URL otomatis ke t.co. Twitter untuk Mac juga sepertinya memang disediakan untuk optimasi penggunaantrackpad di MacBook Pro dan magic trackpad, karena dengan swipe tiga jari, pergantian halaman di Twitter untuk Mac lebih terasa menyenangkan serta memudahkan untuk membuka profil, melihat percakapan Tweet, dll, setidaknya lebih baik daripada menggunakan mouse yang harus menempuh beberapa proses klik.
Namun Mac App Store juga tidak terlepas dari persoalan, seperti misalnya masalah pembajakan aplikasi. Beberapa teman saya juga mengalami hal yang sama dengan saya sendiri, error dan ketidakmulusan proses unduh-instal aplikasi, terkadang aplikasi atau komputer juga harus di restart terlebih dahulu agar aplikasi bisa digunakan. Seperti yang dituliskan ReadWriteWeb, pengguna Mac berjumlah 50 juta yang tersebar di seluruh dunia, dalam satu hari, satu juta unduhan aplikasi, jumlah yang pasti akan terus bertambah. Kita lihat aplikasi apa yang akan menjadi aplikasi paling populer dalam beberapa waktu kedepan.
Apakah ada dari pembaca DailySocial yang menggunakan Mac dan telah mengakses Mac App Store? Bagaimana pendapat Anda atau toko aplikasi dari Apple untuk pengguna Mac ini? Bagaimana pendapat Anda tentang aplikasi Twitter untuk Mac, apakah akan menjadi aplikasi Twitter yang Anda gunakan atau tidak? Tuliskan pendapat Anda pada kolom komentar.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again