1. Startup

Harga Aplikasi di iTunes App Store Indonesia Kini Diinformasikan dalam Rupiah

Jika kita membuka iTunes App Store untuk region Indonesia pagi ini, kita bakal menemukan bahwa setiap aplikasi berbayar kini tidak lagi diinformasikan harganya dengan mata uang Dollar Amerika Serikat. Setiap aplikasi berbayar kini menggunakan mata uang Rupiah untuk informai produknya. US$ 0.99 menjadi Rp 9500 dan US$ 1.99 menjadi Rp 19.000. Kami belum menemukan informasi lebih lanjut soal ini tetapi tentu saja hal ini perlu diapresiasi, artinya untuk Apple mengakui IDR (Indonesian Rupiah) sebagai mata uang yang didukungnya untuk pasar lokal.

Saya belum tahu apakah nantinya saat ditagihkan di kartu kredit nantinya langsung tercantum dalam mata uang Rupiah, karena pembelian terakhir saya kemarin masih ditagihkan dalam bentuk US Dollar (yang nantinya dikonversi sesuai dengan rate bank penerbit masing-masing). Tentu saja kami berharap bahwa ini merupakan indikasi bahwa (1) pasar aplikasi berbayar Indonesia semakin signifikan di mata Apple (2) bolehlah berharap bakal ada edisi gift card khusus untuk pasar Indonesia.

Sementara ini dari sejumlah toko aplikasi yang ada, memang belum banyak yang menggunakan Rupiah sebagai mata uang resminya. Selain iTunes App Store ini, Nokia Store juga tersedia dengan mata uang lokal dan kerjasama billing operator. Sementara itu Google Play Store, BlackBerry App World dan Windows Phone Store masih menggunakan US Dollar.

Update: Dikutip dari 9to5Mac, berikut adalah negara-negara di luar kawasan Uni Eropa yang juga memperoleh lokalisasi mata uang:

  • Rusia: Rubel
  • Turki: Lira
  • India: Rupee
  • Indonesia: Rupiah
  • Israel: New Shekel
  • Saudi Arabia: Riyal
  • Afrika Selatan: Rand
  • Uni Emirat Arab : Dirham

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again