1. Startup

HackerspaceBDG Sudah Mulai Beroperasi

Akhirnya, setelah menunggu dua minggu sejak renovasi, dan berita hadirnya HackerspaceBDG di DailySocial beberapa waktu yang lalu, kini tempat yang menjadi 'kantor' untuk sekitar 12 orang freelancer, web developer dan penulis ini sudah mulai aktif, renovasi utama serta kelengkapan fasilitas utama telah tersedia.

HackerspaceBDG diprakarsai oleh para pengurus FOWAB yang juga memiliki studio web development mereka sendiri Yohan (ThinkRooms - Rserve.me) dan Reza Prabowo (Ravewarrior - Ngubek.com), HackerspaceBDG juga menjadi salah satu program dari FOWAB sebagai salah satu sumbangsih yang diberikan pada komunitas.

Saya sendiri memang mengambil dedicated space di sana dan mulai bekerja dari HackerspaceBDG, suasana khas kantor bersama sudah mulai muncul, meski masih dalam tahap 'pemanasan', beberapa obrolan tentang membuat proyek dari beberapa orang dengan kualifikasi dan keahlian berbeda juga sudah mulai muncul. Terus terang ini cukup menyenangkan, apalagi meski posisi HackerspaceBDG ini terletak di semacam gedung perkantoran, di mana terdapat penyewa lain, namun suasana ramai yang sempat saya khawatirkan akan mengganggu, tidak terjadi dan mudah-mudahan tidak akan.

Sepertinya akan banyak program yang muncul dari HackerspaceBDG ini, well ketika beberapa orang kreatif berkumpul, saya yakin mereka tidak akan tinggal diam, dan selalu tergerak untuk membuat hal baru, minimal kini, selain berbagai komunitas yang telah ada, Bandung punya tempat meeting point baru, beberapa pertemuan juga telah mulai dan akan dilaksanakan di sini, sejauh yang saya tahu memang masih seputaran startup dan dunia internet, tetapi berhubung tidak semua yang 'berkantor' di HackerspaceBDG berkutat dengan dunia internet, jadi saya yakin akan banyak segmen dunia kreatif lain yang akan berkembang di sana. Belum lagi Hackerspace ini juga terbuka bagi siapa saja, bukan hanya mereka yang telah mengambil dedicated space, jadi peluang untuk bertemu dengan berbagai orang, berbagai keahlian serta berbagai pemikiran kreatif akan terbuka lebar.

Aktifitas yang mulai bergeliat di HackerspaceBDG memang baru sekitar 3 hari kebelakang, dan masih banyak waktu serta kegiatan yang akan muncul di sana, yang juga akan terus di update di DailySocial.

Dunia internet, terutama startup memang telah lama tumbuh, tetapi mendapatkan kembali momentumnya beberapa tahun kebelakang, banyak startup lokal yang berprestasi, tidak hanya di negeri sendiri tetapi juga di wilayah Asia, liputan media teknologi tentang web scene lokal juga terus tumbuh, komunitas diberbagai kota juga bermunculan, setelah Surabaya, Bandung, Jakarta dan Jogja, kini Bali dan berbagai kota lain juga mulai memberikan berbagai update tentang perkembangan dunia digital di masing-masing kota.

Khusus untuk Bandung, yang saya yakin masih menyimpan berbagai potensi yang masih dalam posisi under the radar, terutama dari para startup-nya akan terus tumbuh pesat, acara FOWAB juga dikabarkan akan diselenggarakan bulan depan, WordcampID 2010 akan juga digelar di Bandung pada akhir bulan Januari 2011, belum lagi berbagai acara yang sudah rutin berjalan dan yang akan muncul, tentunya akan menambah warna serta dukungan untuk para startup lokal.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again