1. Startup

Hackerspace Bandung Pindah Lokasi

Hackerspace Bandung (HackerspaceBDG) resmi pindah lokasi, jika para pembaca DailySocial mengenal HackerspaceBDG dengan alamat di Taman Sari No 3 maka kini lokasi baru adalah di Jalan Rereng Wulung 33, Sukaluyu, Bandung.

Pemberitahuan perpindahan ini juga sudah diumumkan di blog resmi mereka, rekan-rekan yang berkantor di sana juga telah memindahkan barang-barang mereka ke tempat yang baru.

Meski semua barang termasuk kursi dan meja telah dipindahkan, namun co-working space dengan code name HackerspaceBDG v.2 (HSbdg v.2) masih dalam tahap renovasi akhir sehingga kegiatan 'perkantoran' serta ruang publik belum bisa digunakan. Ada kemungkinan awal Februari sudah aktif dan bisa diakses baik untuk mereka yang menyewa dedicated space maupun kalangan umum.

HackerspaceBDG sendiri pada dasarnya adalah co-working space (non profit), saat ini diisi oleh beberapa freelancer, pekerja kreatif serta mereka yang memiliki studio web sendiri, developer, penulis dan founder startup. Namun pendekatan ruang kerja yang dijalankan berbasis komunitas atau open space, jadi kalangan umum atau siapapun yang ingin mampir, bekerja, berdiskusi dan bertukar pikiran juga bisa datang dan berkomunitas di sana, 'ngantor' atau sekedar bertegur sapa dengan pekerja kreatif lain, dan tidak dibatasi bidang teknologi atau digital saja, namun juga bidang lain.

Ruangan yang tersedia di tempat baru lebih luas, tentunya ini cukup menyenangkan, setidaknya bagi saya karena ruang untuk mengadakan kegiatan, untuk tempat berkumpul dengan rekan lain menjadi semakin luas, di sisi lain, tentunya ruang kerja juga semakin lega, bisa menampung rekan yang ingin menyewa dedicated space lebih banyak, yang berarti komunitasnya bisa semakin luas.

Di tempat yang baru ini, seperti juga dijelaskan oleh Yohan Totting, salah satu inisiator HackerspaceBDG dan Fowab di blog resmi HackerspaceBDG, rencananya akan dilengkapi dengan fasilitas yang sebelumnya tidak ada di tempat lama. Beberapa fasilitas, selain meja dan kursi, antara lain adalah ruang publik yang lebih luas, testing device, refreshing room, dapur, kamar mandi sendiri, private parking, internet serta lokasi yang ramah angkutan umum.

Beberapa fasilitas di atas sudah tersedia, namun beberapa lagi masih dikembangkan dan membutuhkan dana tambahan, oleh karena itu HSbdg v.2 membuka diri untuk para sponsor yang ingin memberikan dukungan, baik dana atau fasilitas lain. HSbdg v.2 juga membuka teman-teman lain yang ingin memberi dukungan dengan memberi sumbangan (dengan proses semacam crowdfund), nantinya HackerspaceBDG akan memasang nama, akun Twitter dan avatar di dinding ruang publik dan situs HackerspaceBDG. Keterangan lengkap bisa dilihat di sini.

Yohan dan beberapa rekan lain, termasuk saya juga merencanakan untuk meramaikan HSbdg v.2 dengan berbagai kegiatan termasuk juga meng-update blog lebih rutin dengan berbagai kisah seru, diskusi atau tema lain yang terjadi di HackerspaceBDG.

HackerspaceBDG saat ini juga memiliki kerja sama dengan majalah CHIP dengan mengisi satu rubrik setiap bulannya. Semoga nanti ada berbagai kegiatan lain yang dijalankan termasuk, workshop dan diskusi offline.

Di area yang baru ini, daerah Sukaluyu juga terdapat beberapa studio serta komunitas lain, misalnya saja PetShopBox Studio, Kummara serta Invictus serta beberapa studio lain, jadi semoga kedekatan dengan berbagai studio atau komunitas lain juga membuka peluang pengembangan tambahan, bahkan mungkin bisa menjadi Sukaluyu Valley. ;)

Kita tunggu berbagai informasi serta perkembangan lain termasuk kegiatan positif dari HackerspaceBDG, untuk informasi lain bisa dilihat di blog atau akun Twitter. Saat ini ada sekitar 10 dedicated space yang telah terisi, masih ada 5 space lagi, jika Anda tertarik bisa kontak Yohan via email di tyohan@thinkrooms.com.

Disclosure: Saya mengambil satu dedicated space di HackerspaceBDG yang juga menjadi kantor cabang Bandung dari DailySocial, selain itu refresing room di HSbdg v.2 disponsori salah satunya oleh blog game yang saya dirikan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again