• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Opini 

Google Translate Via SMS?

Google Translate Via SMS?

Posted by
Wiku Baskoro

May 14, 2010

Pernah membutuhkan terjemahan sebuah kalimat atau kata tertentu disaat yang sangat penting? Ketika anda tiba-tiba saja bertemu dengan bule dari Italy atau Belanda yang mengajak anda ngobrol atau menyakan alamat, dan anda ingin sekali membantu mereka, sedangkan anda sendiri tidak bisa berbahasa Italy atau Belanda.

Kini anda bisa menggunakan SMS untuk membantu anda dalam menerjemahkan kata atau kalimat dari berbagai bahasa langsung ke ponsel anda. Seperti yang dituliskan oleh OkeZone, kini Telkomsel memberikan layanan terjemahan lewat SMS yang dinamakan SMS Translator.

Cara kerjanya cukup sederhana, anda cukup mengirim SMS ke 4664 dengan kode bahasa terjemahan yang ingin anda lakukan lalu send, maka nantinya akan ada balasan SMS dari 4664 yang akan memberitahukan hasil terjemahan dari kalimat atau kata yang anda kirimkan. Sedangkan untuk mengetahui kode bahasa apa saja yang tersedia, anda cukup mengirimkan SMS ke 4664 dengan format INFO2.

Sebagai contoh, misalkan saya ingin mengetahui terjemahan dalam bahasa Italy kalimat : ‘selamat makan’, ketikkan kalimat tersebut dengan format: IT: selamat makan kirimkan ke 4664, maka nantinya akan ada SMS balasan dari Telkomsel, berupa: buon appetito.

Layanan SMS translator ini dihardirkan oleh Telkomsel yang bekerjasama dengan Google, bisa terlihat dari keterangan yang terdapat di setiap SMS jawaban hasil terjemahan yang mencantumkan sumber terjemahan dari Google.

Layanan terjemahan yang dimiliki Google adalah Google Translate, jadi sepertinya SMS translator ini juga menggunakan teknologi yang sama, karenanya mungkin anda tidak akan selalu mendapatkan hasil terjemahan yang akurat, ini merupakan salah satu kekuarangan terbesar dari Google Translate, selain anda harus menggunakan bahasa Indonesia baku, terkadang ada terjemahan kata yang tidak sesuai dengan ungkapan yang anda inginkan.

Saat ini hanya tersedia 7 bahasa, yaitu EN: Inggris, NL: Belanda,FR: Perancis, DE: Jerman, IT: Italia, PT: Portugis, ES: Spanyol.

Terjemahan dengan SMS bisa sangat berguna, terutama ketika saat penting dan mendadak, hanya jika menggunakan teknologi Google Translate maka hasil terjemahan memang cukup terbatas, termasuk juga alasan Telkomsel memilih 7 bahasa diatas. Akan sangat menarik sebetulnya jika teknologi terjemahan ini bisa menjangkau bahasa yang digunakan para ekspatriat disini, misalnya yang dari China, Jepang, atau India, tapi mungkin akan terhambat kendala penggunaan huruf. Atau, akan lebih menarik lagi jika Telkomsel juga memberikan layanan terjemahan tambahan, yaitu user bisa melakukan translate dari bahasa asing ke Indonesia, bukan hanya dari bahasa Indonesia ke bahasa asing.

Untuk biaya, seperti yang dituliskan olah OkeZone, user akan dikenakan biaya 100 rupiah, tapi setelah saya mencobanya, ternyata pulsa saya berkurang 210 rupiah, sepertinya kalkulasi biayanya menjadi berlipat ganda, untuk setiap sms yang dikirimkan user dikenakan biaya 100 rupiah + pajak 10% (mungkin) lalu untuk sms yang diterima (hasil terjemahan) user juga dikenakan biaya 100 rupiah kembali, jadi totalnya 210 rupiah, tapi ini hanya kalkulasi saya sendiri, saya mencoba mengecek situs Telkomsel untuk mencari informasi tentang layanan SMS translator termasuk biayanya, tapi sayang tidak ada.

Anda sudah mencoba layanan SMS translator ini? Bagaimana pendapat anda, apakah ini merupakan salah satu layanan yang akan membantu user, atau hanya sebatas layanan tambahan kecil untuk meningkatkan traffic SMS? Mari share pendapat anda pada kolom komentar.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×