1. Startup

Google Reader: "Spring Cleaning!"

Google mengumumkan beberapa perkembangan atas layanan mereka, Google Reader. Mulai dari opsi untuk memberi komentar dari ‘shared items’ di Google Reader, menghentikan dukungan untuk browser 'tua', dan menghentikan akses offline Google Reader lewat Google Gears.

Perubahan pada opsi ‘shared items', jika sebelumnya anda harus masuk dalam sharing group tertentu untuk bisa memberikan komentar pada sebuah konten atau 'items' di Reader, kini Google memberikan kemudahan bagi usernya. Asalkan anda bisa melihat konten yang dibagikan oleh user lain, maka anda bisa langsung memberi komentar pada 'items' tersebut.

Perubahan ini juga diumumkan dengan notifikasi yang akan muncul ketika anda pertama kali membuka Google Reader, notifikasi ini hanya akan berlaku bagi user yang membuat setting Reader mereka dalam mode ‘sharing publicly’. Akan ada kotak pilihan dimana anda bisa memilih untuk tetap membagikan 'items' di Reader untuk publik dan mempersilahkan user lain untuk bisa memberikan komentar, atau anda bisa memilih, hanya akan membagikan apa yang ada di Google Reader anda hanya untuk relasi yang anda pilih.

Sedangkan untuk user yang membuat setting-an Reader mereka secara tertutup, tidak akan ada perubahan, dan tidak akan ada notifikasi tentang perubahan ini, karena setting-nya memang tidak berubah. Anda juga tetap bisa melakukan berbagai perubahan akan setting ini di opsi ‘sharing setting’ yang bisa ditemukan di tab ‘people you follow’.

Selain itu Google juga mengumumkan akan menghentikan dukungan untuk Google Reader bagi browser 'tua' seperti Internet Explorer 6, Firefox 1.0 dan 2.0, Safari 2.0 dan 3.0, dan Chrome 1.0, 2.0 dan 3.0, mengikuti beberapa aplikasi lain yang telah lebih dulu melakukan ini seperti contohnya Google Docs.

Google lebih memilih mengembangkan Reader untuk teknologi ke depan dari pada harus memperbaiki berbagai issue yang berkaitan dengan browser-browser 'tua' tersebut. Satu lagi perkembangan dari Google Reader, mulai tanggal 1 Juni ini, Google tidak akan lagi memberikan layanan offline untuk Reader. Perubahan ini dikarenakan tidak terlalu banyak user yang menggunakan Reader versi offline, selain juga, dikarenakan kemampuan Gears telah dilampaui oleh HTML 5.

Tapi bagi mereka yang masih ingin menggunakan Reader secara offline, anda bisa menggunakan aplikasi yang dikembangkan pihak ketiga seperti NetNewsWire untuk Mac OS X, FeedDemon untuk Windows, serta Liferea untuk pengguna Linux.

Meskipun proses sharing di Google Reader jarang sekali saya pakai, tapi sebagai salah satu aplikasi yang paling sering saya gunakan ketika bekerja di internet, pilihan opsi yang berkaitan dengan privasi ini menjadi salah satu cara yang patut ditiru oleh aplikasi lain, selain itu Google juga sepertinya mau men-social-kan aplikasi-aplikasi mereka, salah satunya Google Reader ini, yang meskipun sudah memungkinkan fitur memberi komentar, tapi dengan penambahan ‘kecil’ ini maka proses memberi komentar pada konten yang dibagikan di Reader menjadi lebih mudah.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again