18 March 2013

by Iqbal Farabi

Google Reader Akan Ditutup, Jumlah Pengguna Feedly Meningkat Tajam

Pada artikel sebelumnya, kami sudah mengulas mengenai beberapa aplikasi dan layanan yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk pengguna Google Reader. Seperti yang sudah diketahui bersama, Google Reader diumumkan akan ditutup oleh Google terhitung mulai tanggal 1 Juli nanti.

Salah satu alternatif yang kami sebutkan pada daftar tersebut rupanya benar-benar menuai keberuntungan dari kabar akan ditutupnya Google Reader ini. Feedly, seperti dilansir oleh Android Central, mendapatkan lonjakan jumlah pengguna yang sangat besar. Dua hari sejak pengumuman dari Google, Feedly mendapatkan lebih dari 500.000 pengguna baru. Ini dibuktikan salah satunya dari statistik di Google Play yang memperlihatkan bahwa saat ini Feedly memiliki jumlah pengguna di kisaran lima ratus ribu hingga satu juta pengguna.

Feedly sendiri tersedia di beberapa platform. Versi mobile aplikasi ini bisa digunakan oleh para pengguna iOS dan Android. Sementara bagi mereka yang lebih menyenangi penggunaan dari komputer personal, Feedly menyediakan pluginย untuk beberapa peramban ternama yakni Safari, Chrome, dan Firefox.

Selain fitur standar untuk melakukan agregasi RSS, Feedly juga menyediakan beberapa fitur lain yang menurut saya cukup menyenangkan. Pertama, Feedly menyediakan pengelompokan konten-konten RSS berdasarkan beberapa kategori. Kategori bawaan dari Feedly cukup banyak, diantaranya terdapat kategori teknologi, bisnis, desain, bahkan hingga kategori masakan. Tentunya pengguna juga bisa menambahkan kategori versinya sendiri.

Feedly juga bisa dikoneksikan dengan akun Twitter dan Facebook milik pengguna. Jika dikoneksikan, maka berita-berita yang populer di linimasa Twitter atau Facebook pengguna akan muncul pada bagian khusus.

Melihat pesatnya perkembangan Feedly, menarik untuk melihat perkembangan aplikasi-aplikasi alternatif Google Reader lainnya dan melihat siapa yang akan memegang pangsa pasar terbesar nantinya.