7 March 2013

by Iqbal Farabi

Google Public Alerts Kini Tersedia di Jepang

Masih ingat ketika banjir besar terjadi di Jakarta pada pertengahan Januari lalu? Pada saat itu kami mengulas mengenai beberapa sumber informasi untuk banjir Jakarta yang salah satunya adalah sebuah halaman yang dibuat oleh tim Google Cirisis Response pada tautan ini.

Tim Google Crisis Response sendiri sebenarnya sejak awal tahun 2012 lalu sudah meluncurkan sebuah proyek yang lebih permanen yakni Google Public Alerts. Google Public Alerts adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mencari informasi yang berhubungan dengan keadaan darurat. Pada saat diluncurkan tahun lalu, Public Alerts sudah bisa digunakan di Google Maps. Hanya saja, ketika itu Public Alerts baru bisa digunakan untuk mencari dan menampilkan informasi keadaan darurat di Amerika Serikat saja.

Setelah setahun berlalu, Google rupanya sudah melakukan pengembangan terhadap Public Alerts. Baru-baru ini Google mengumumkan bahwa Public Alerts kini sudah tersedia untuk informasi keadaan darurat di Jepang. Jepang sendiri memang dikenal sebagai negara yang rawan bencana dengan frekuensi gempa dan tsunami yang relatif lebih tinggi dibandingkan daerah lainnya.

Jika pada tahun lalu Public Alerts baru terintegrasi dengan Google Maps, kali ini Public Alerts sudah terintegrasi juga dengan Google Search dan dengan aplikasi unggulan Google yang teranyar yakni Google Now. Dalam menghadirkan layanan ini di Jepang, Google bekerjasama dengan Japan Meteorological Agency.

Dalam rilis di halaman blog resminya, Google menjanjikan akan mengembangkan Public Alerts ke lebih banyak negara dan bekerjasama dengan lebih banyak penyedia data. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai Public Alerts, Anda bisa mengunjungi halaman resminya atau menyimak video berikut ini.