30 October 2012

by Andi Miftachul

Google Play Music Sediakan Fasilitas Penyimpanan Secara Gratis

Pengguna Google Play Music dapat menyimpan seluruh track dan lagu yang telah mereka beli secara gratis dalam fasilitas penyimpanan awan yang disediakan oleh Google. Fasilitas ini memungkinkan pengguna menyimpan sekaligus mengakses lagu-lagu tersebut di mana saja dengan berbagai perangkat yang mereka miliki.

Fasilitas yang sama juga sebenarnya disediakan oleh saingan Google Play, Amazon dan Apple. Tetapi fasilitas tersebut tidak tersedia secara gratis untuk pelanggan Amazon dan Apple. Sementara pelanggan Google, dapat menyimpan hingga 20.000 file lagu dan mengaksesnya dengan berbagai perangkat miliknya yang terkoneksi internet. Google menyebut fitur ini sebagai fitur Scan and Match.

Selain fitur tersebut, Google Play Music juga dilengkapi dengan fitur sharing. Pengguna Google Play Music dapat membagikan lagu yang mereka dengarkan dengan teman mereka melalui Google+. Teman dari pengguna tersebut akan dapat mendengarkan lagu yang dibagikan secara gratis satu kali. Setelah itu, teman tersebut akan mendapatkan opsi untuk membeli lagu tersebut.

Google Play Music akan dirilis di negara-negara Eropa mulai 13 November mendatang. Sebelumnya layanan ini hanya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat saja. Inggris, Prancis, Spanyol, Jerman dan Italia akan menjadi negara berikutnya yang bisa menikmati layanan ini.

Sebelum rilis tersebut, Google hari ini juga mengumumkan kerja samanya dengan Warner Music. Dengan kerja sama tersebut, seluruh lagu dari label Warner akan menjadi koleksi yang bisa didapatkan lewat Google Play Music. Dengan kerja sama ini, koleksi Google Play Music menjadi lengkap dengan menyajikan koleksi dari seluruh label besar.

Sumber : TechRadar dan CNET.  Sumber Gambar : Geeky Gadgets.