1. Startup

Google Maps Hadirkan Pemandangan Virtual Reality Antartika

Jika penasaran bagaimana pemandangan yang ada persis di ujung Selatan bumi ini di Kutub Selatan, Antartika, Anda bisa mengunjungi lokasi street view Google Maps di tugu Kutub Selatan. Street view tersebut menghadirkan panorama 360° di beberapa tempat di Antartika. Selain di tugu Kutub Selatan, pengguna juga bisa menjelajah beberapa tempat bersejarah lain di Antartika seperti  Teleskop Kutub Selatan, Shackleton's Hut, Scott's Hut, serta koloni penguin Cape Royds Adélie.

Foto-foto ini merupakan bagian dari proyek World Wonders oleh Google. Foto-foto virtual reality di Antartika ini dirilis selain agar masyarakat dapat melihat keadaan di Antartika juga untuk memahami sejarah ekplorasi Antartika. Pengguna dapat melihat keadaan pondok (hut) yang dipakai oleh para penjelajah Kutub Selatan pada awal abad ke-20 seperti Robert Falcon Scott dan Ernest Shackleton.

Tentu saja foto-foto di Antartika ini tidak diambil menggunakan mobil atau sepeda Google yang biasa dipakai untuk membuat street view. Untuk mengambil foto-foto tersebut, Google bekerja sama dengan Polar Geospatial Center di University of Minnesotadan New Zealand Antarctic Heritage Trust. Foto-foto ini diambil dengan menggunakan kamera tripod ringan dengan lensa fisheye yang biasa digunakan Google untuk memotret interior perkantoran.

Google mengungkapkan tujuan program ini adalah untuk memberikan kepada pengguna baik ilmuwan maupun penggemar traveling data-data melalui foto beresolusi tinggi dari lokasi-lokasi bersejarah di Antartika. Dengan street view dari Antartika ini, anak sekolah maupun penggemar film Happy Feet bisa melihat dengan jelas bagaimana koloni pinguin dan habitat sebenarnya. Bahkan kerena foto-foto batuan bisa di zoom sampai 4 kali, Google mengklaim ahli geologi juga akan dapat melacak lapisan sedimen di sana tanpa harus merasakan dinginnya kutub Selatan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again