Berita 

Google Lakukan Uji Fitur Integrasi Twitter di Google News

Google Lakukan Uji Fitur Integrasi Twitter di Google News

Posted by
Wiku Baskoro

October 8, 2010

Masih ingat dengan rencana kemunculan ‘Google Me’, yang sampai sekarang masih belum ada penjelasan detail tentang layanan sosial dari Google yang banyak dibicarakan ini. Satu-satunya ‘konfirmasi’ yang dilakukan Google adalah bahwa mereka akan menambahkan elemen sosial pada berbagai produk Google alih-alih membuat produk sosial secara mandiri.

Sepertinya kini rencana elemen sosial yang akan ditambahkan Google pada berbagai produk mereka sudah mulai muncul, seperti yang dituliskan oleh SearchEngineLand, Google dikabarkan sedang melakukan uji fitur yang diberi nama Friends.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan akun Twitter mereka dengan Google News. Nantinya akan muncul kotak dimana Google akan mengajukan pertanyaan pada pengguna Google News untuk memasukkan keterangan dari akun Twitter mereka dan menyimpannya. Setelah proses ini maka Google News akan melakukan proses refresh kemudian akan menampilkan daftar update artikel berita yang dibagian oleh relasi yang Anda ikuti di Twitter.

Google juga telah menyediakan halaman bantuan untuk fitur Friends ini, di halaman bantuan Google News ini dijelaskan bahwa fitur Friends merupakan fitur eksperimental yang muncul pada bagian samping kolom Google News yang membantu pengguna untuk menemukan artikel berita yang sedang dibagikan oleh teman-teman mereka di Twitter.

Google juga menjelaskan bahwa fitur Friends ini hanya akan menampilkan artikel yang dapat ditemukan di Google News, jadi ketika relasi di Twitter Anda membagikan tautan artikel berita yang tidak dapat ditemukan di Google News, maka update dari relasi Anda ini tidak akan muncul. Anda juga bisa mengganti nama dari relasi Twitter Anda untuk mendapatkan pembaruan dari teman yang lain.

Integrasi Twitter dilayanan Google, memang sudah berjalan sejak beberapa waktu yang lalu, terutama pada hasil pencarian dimana pengguna bisa mendapatkan hasil pencarian real-time dari ‘kicauan’ yang ada di Twitter, namun uji fitur Friends ini menjadi menarik karena bisa menjadi salah satu tanda/bukti dari perkembangan layanan sosial atau social layer yang dijanjikan oleh Google, dan semenjak Twitter memang berfungsi untuk membagikan konten dari hampir semua dunia web, maka, seperti yang dituliskan oleh ReadWriteWeb, rekomendasi sosial dari teman bisa menjadi tambahan fasilitas dalam membantu mendapatkan berita yang bersifat lokal.

Kabar tentang ‘Google Me’ atau elemen sosial pada layanan Google adalah salah satu kabar yang cukup penting, karena ditengah pertumbuhan layanan sosial seperti Facebook, penambahan elemen sosial merupakan usaha (lagi) dari Google untuk masuk keranah sosial dan menjadikan produk mereka tetap relevan dengan perkembangan dunia sosial di internet.

Penambahan fitur ini bisa jadi memberikan sedikit gambaran tentang apa yang akan dilakukan Google yang berhubungan dengan elemen sosial mereka, meski masih bersifat uji fitur, dimana seperti yang dijelaskan Google bahwa mereka ‘selalu’ menjalankan 50- 200 eksperimen pada produk mereka, namun beberapa dari eksperimen ini biasanya akan muncul menjadi produk resmi, dan jika fitur Friends ini diintegrasikan ke berbagai layanan Google lain, sepertinya akan menjadi lebih menarik, misalnya saja kita nantinya bisa mendapatkan rekomendasi sosial yang digabungkan dengan mesin pencari Google atau produk Google lain. Fasilitas yang cukup menarik, bagaimana pendapat Anda?

Sumber gambar @jblukin dan @dacort via SearchEngineLand dan TechCrunch.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×