22 February 2013

by Amir Karimuddin

Google Chromebook Pixel, Notebook Mewah dari Google

Google akhirnya semakin serius dengan seri Chromebook-nya. Setelah selama ini bermain untuk pasar low-end dengan harga di bawah $300 bersama para partnernya (seperti Samsung, Acer, Lenovo dan HP), Google membuat notebook-nya sendiri yang dinamai Chromebook Pixel dengan tetap mengusung Chrome OS. Chromebook Pixel memiliki layar sentuh dengan densitas tinggi 239 piksel per inci. Sebagai perbandingan, MacBook Pro 13 dengan Retina Display memiliki densitas 227 piksel per inci.

Chromebook Pixel memiliki layar 12.9 inci yang dilindungi dengan teknologi Gorilla Glass, prosesor Core i5 1.8 GHz, RAM 4GB, kapasitas memori 32/64GB SSD, dan dukungan Google Drive 1TB selama 3 tahun. Tersedia varian yang dilengkapi oleh konektivitas LTE dari Verizon khusus untuk pasar USA. Harga yang ditawarkan adalah premium: $1299 untuk versi standar dan $1499 untuk versi LTE.

Chromebook Pixel adalah notebook yang secara hardware sangat bagus. Yang menjadi masalah adalah Chrome OS yang berbasis web browser dan web client dirasa belum cukup mumpuni untuk menjadi notebook utama. Poin untuk yang menjadi validitas kenapa konsumen harus membayar uang sebanyak itu untuk notebook yang tidak memiliki kapabilitas menyamai Windows 8 atau OS X.

Notebook ini sudah mulai bisa dipesan per hari ini secara online di Google Play untuk konsumen di USA dan Inggris. Produk ini juga bakal tersedia di toko-toko BestBuy (USA) dan Currys PC World (Inggris) tertentu. Versi Wi-Fi biasa bakal dikirim mulai minggu depan, sementara versi LTE bakal tersedia di bulan April.

Apakah mungkin bakal ada konsumen yang membeli barang bagus untuk kemudian di-hack menggunakan sistem operasi yang lain sambil menunggu penyempurnaan Chrome OS?