1. Startup

Google Buzz: Integrasi Media Sosial di Gmail

Sedari kemarin santer berita bahwa Google sedang menyiapkan fitur baru di Gmail yang mengintegrasikan fitur sosial ke inbox kita. Dan malam tadi (pagi waktu AS) mereka pun mengumumkannya: Google Buzz.

Sama seperti media sosial lain, Buzz menawarkan cara untuk berbagi, mulai dari tulisan, foto, tautan, hingga video. Semua itu nanti bisa dilihat langsung dalam Gmail dengan tampilan seperti inbox kita. Tentunya nanti kita bisa komentar, dan komentarnya juga akan muncul sebagai pesan dalam Gmail sehingga kita tau kalo ada komentar baru dan bisa dibales langsung lewat email.

Ngga perlu setup apa-apa untuk menggunakan Buzz, dia langsung "mengikuti" orang-orang yang aktif emailan/chatting dengan kita di Gmail sehingga penggunanya ngga perlu membangun jaringan pertemanan baru. Buzz juga bisa mengintegrasikan sharing layanan milik Google seperti Picasa dan Google Reader, serta layanan luar seperti Flickr dan Twitter.

Silakan tonton videonya untuk lebih jelasnya

Selain lewat Gmail di desktop, Buzz juga bisa diakses lewat produk-produk mobile-nya Google seperti Gmail dan Google Maps. Nah khusus untuk yang versi mobile ini, Google menambahkan satu fitur penting: lokasi. Dari Google Maps Mobile nanti kita bisa liat apa-apa aja yang lagi "nge-buzz" di sekeliling kita. DailySocial udah pernah bahas tentang gimana pentingnya berbagi lokasi di jejaring sosial saat ini, dan tampaknya kata "penting" udah harus digarisbawah dan ditebelin kalo ngeliat Google-pun udah terjun ke situ.

Sayangnya saat ini gue belum kebagian roll out-nya Buzz, jadi belom bisa menilai lebih jauh. Secara konsep sih ngga ada yang baru, dan Buzz juga ngga menawarkan agregasi dengan Facebook, pemain besar lainnya di media sosial yang tampaknya makin dimusuhi oleh Google.

Pertanyaannya apakah kita butuh satu tempat lagi untuk berbagi media? Dari nama besar Google yang sudah pasti kekuatannya bakal ada di pencarian dan semantik. Dulu juga orang mikir ngga butuh webmail baru hingga Gmail muncul dan menawarkan dua hal di atas, dan mengubah persepsi orang-orang akan webmail. Mampukah Buzz melakukan hal yang sama ke media sosial?

Okeh buat yang Buzz-nya udah nongol di Gmailnya, kasih tau kita ya gimana pengalamannya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again