Berita 

Google Berhenti Support IE6

Google Berhenti Support IE6

Posted by
Wiku Baskoro

February 1, 2010

googlevsIE6Jika anda atau perusahaan anda memakai Internet Explorer (IE) 6, anda harus memperhatikan pengumuman dari Google ini, pada tanggal 29 Januari kemarin, Google resmi mengumumkan bahwa mereka akan berhenti men-support IE6 untuk aplikasi-aplikasi mereka.

Pada pengumuman di blog resmi mereka, Google ‘mengajak’ para user untuk beralih ke browser yang lebih modern, seperti IE7+, Firefox3+ Chrome 4+ dan Safari 3+. Aplikasi dan teknologi web yang terus bermunculan menjadi salah satu alasan kampanye migrasi dari Google ini, browser kuno banyak yang tidak men-support teknologi-teknologi terbaru ini, Google beralasan.

Dengan kekuatan yang dimiliki Google, serta masalah yang dimiliki oleh IE6, seprtinya kampanye migrasi ini akan berhasil dengan sukses. Seperti yang ditulis TechCrunch, bahwa kampanye migrasi ini bukan yang pertama dilakukan Google, sebelumnya Google juga sudah melakukan hal serupa untuk IE6 pada beberapa produk Google lain seperti YouTube.

Bagi mereka yang tergantung pada produk Google, rasanya kampanye ini memang akan sangat mempengaruhi anda, saat ini produk Google yang akan dihentikan support untuk IE6 adalah Google Docs dan Google Sites. Jika anda menggunakan IE6 tampilan dari dua produk Google ini memang masih bisa dibuka tapi fitur yang ada pasti tidak akan maksimal. Produk Google lain akan menyusul, termasuk produk-produk baru yang akan diluncurkan oleh Google.

Berhentinya dukungan akan IE6 dari Google ini akan mulai resmi dilakukan pada tanggal 1 Maret nanti, Google menyarankan, waktu yang sekitar 1 bulan ini digunakan oleh user untuk mulai bermigrasi ke browser yang lebih modern.

Permasalahan yang paling krusial mungkin bukan pada user kebanyakan, tapi bagi para pemilik OS Windows korporat yang sangat tergantung pada IE6, migrasi browser untuk beberasa kasus akan berpengaruh pada migrasi OS, dan biaya upgrade untuk ini pasti akan cukup besar. Internet Explorer masih termasuk browser paling populer, salah satunya adalah dikarenakan para pengguna korporat. Tapi dilain sisi, para pengguna korporat belum begitu tergantung pada produk Google dalam melakukan pekerjaannya, kecuali mungkin Gmail.

Tapi, dengan kekuatan yang sangat besar, dan ini baru langkah awal bagi Google untuk ‘menyingkirkan’ IE6, bisa saja, beberapa bulan kedepan para pemilik dan para pengguna IE6, mau tidak mau harus mengupgrade browser mereka, apalagi seperti yang disebutkan oleh Google, sudah banyak perusahaan lain yang menghentikan support pada browser-browser tua, seperti IE6.

Meski terdengar angkuh, keputusan Google ini menjadi masuk akal, selain teknologi web yang terus maju dan tidak akan maksimal jika digunakan di old browser, kalimat penutup dari Google ini juga bisa mengindikasikan bahwa kekuatan Google akan semakin besar:  “2010 is going to be a great year for Google Apps and we want to ensure that everyone can make the most of what we are developing”

Bagaimana dengan anda, apakah anda akan ikut bergabung dengan Google, atau anda punya pendapat lain? Mari share pendapat anda pada kolom komentar.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×